Kejutan Sebelum Ramadhan Kolaborasi Terbaik

Judul: Kejutan Sebelum Ramadhan – Kolaborasi Terbaik
Penulis: Farisa Noviyanti – Meidiawan Cesarian Syah, Leo Rahadian Adhyatama –  Sepri Ayu Flow, BeeNim – Indah Lestari dkk.
Jumlah halaman: 137 halaman
Penerbit: NulisBuku.com

Adududuh…

Udah telat banget ngereviewnya ya? Bukannya saya menunda review sih sebenernya. Tapi emang saya yang baru selese bacanya 😛

Entahlah, tapi kecepatan baca saya belakangan ini semakin berkurang. Yang pada dasarnya saya ndak bisa baca cepet, eh sekarang lebih lambat lagi 😦 fyuhhh! Tetap berusaha membaca 3 – 5 buku sih setiap bulan. Tapi kalo kecepatannya menurun ya, jadinya berkurang juga 😦 hikz!

Jadi, mari sekarang saya mau laporan pandangan mata, ketika membaca buku ini.

Buku merupakan seri lain dari rangkaian buku Kejutan Sebelum Ramadhan, yang audisinya diselenggarakan oleh nulisbuku.com jelang bulan puasa yang lalu. Saya pernah mereview Buku 12 dan juga Terbaik. Silakan disimak kembali kalau lupa atau belum baca 😀

Seperti saat saya mulai membaca Buku Kejutan Sebelum Ramadhan Terbaik sebelumnya, saya memulai membaca buku ini dengan ekspektasi yang lumayan tinggi. Come on. Sebuah kompilasi terbaik, pastilah yang dikumpulkan di dalamnya juga terbaik kan?

Melesetkah ekspektasi saya? Tidak terlalu jauh. 🙂

Dibuka dengan “Adzan Terakhir di Muka Bumi”, cerita ini langsung menjadi favorit saya. Banyak diksi dewa di dalamnya, pun ceritanya yang mengandung kiasan yang indah. Semoga saya ndak salah mengartikannya, tapi menurut saya, cerita ini berkisah tentang seorang atau beberapa orang yang mengemban tugas untuk menyebarkan adzan dan ajakan sholat pada manusia-manusia di bumi. Kemungkinan manusia-manusia ini adalah makhluk-makhluk terakhir yang menghuni bumi dan sepertinya memang butuh untuk dikenalkan kembali pada Tuhannya.

Cerita selanjutnya yang menarik perhatian saya adalah “Hadiah Tahunan”. Menceritakan kejutan demi kejutan menjelang Ramadhan dalam hidup seorang “aku” yang kemudian membuatnya semacam siap menghadapi kejutan di Ramadhan selanjutnya. Di Ramadhan terakhir, dia malah tak mendapati kejutan. Semua berlangsung normal, dan wajar. Yang akhirnya ini justru menjadi kejutan lain untuknya. Gaya ceritanya keren, menurut saya. Dan voila, setelah sampai di cantuman nama penulis, baru nyadar saya bahwa si penulis adalah salah seorang teman. 😆

Cerita yang lain, yang merupakan favorit saya adalah “Membongkar Kesal”. Judulnya, menurut saya, agak-agak ga cucok sih. Tapi ya masih bisa lah ya, dihubung-hubungin. Yang sangat menarik perhatian adalah ide dan gaya bercerita. Ceritanya tentang dua orang dengan batin masing-masing, saling mengatai, di dapur sebuah kosan. Itu saja? Itu saja. Tapi entah, caranya mengemas keren sangat 😆 yang kemudian ditutup dengan manis. Hihihi. Kayaknya cerita ini yang paling saya favoritkan deh…

Selain tiga cerita favorit saya di atas, cerita lain sebenarnya juga keren. Cuma sering kepleset di tanda baca dan setting waktu. Rada-rada missed gitu di logika waktunya. Selain itu, ada di beberapa cerita saya ga nemu setting “sebelum Ramadhan”nya. Semacam, peristiwa yang bisa terjadi kapan saja dengan tiba-tiba. Ada juga cerita yang endingnya terlalu ujug-ujug, tanpa clue sama sekali. Iya sih, ngetwist. Tapi ga manis :mrgreen:

But over all, buku ini lumayan. Not bad at all. Apalagi dibandingkan dengan Buku 12 itu. Penulisannya lebih rapi, ceritanya juga ga ada yang geje 😀

Tiga dari lima bintang.

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. Indah says:

    Hihihi… Asiiik, jadi salah satu dari tiga cerita favorit mbak ra. Makasih reviewnya, aku aja belum baca semua. Hihi.

    Like

    1. @RedCarra says:

      Maap. Baru nyadar 😆 hahahaha

      Like

  2. Lidya says:

    kesal bisa dibgonkar ya mbak hehehe

    Like

  3. rinasusanti says:

    ini kumcer atau kum FF mak

    Like

    1. @RedCarra says:

      kumpulan cerpen mak 🙂

      Like

  4. Ratna says:

    Mak Carra, penampakan laptopnya mirip dengan kepunyaankuhhh ^_^
    #gak_penting
    #pengen_comment

    Like

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s