Kata Mitos – Mengancam Logika?

Judul: Kata Mitos – 15 Cerita yang Mengancam Logika
Penulis: Ifa Avianty – Lianny Hendrawaty – Amalia Putri Astari dkk
Editor: Esvandari Sant
Korektor: Yuli Yono
Penata Letak: @esvandarisant
Desain sampul: Putri Kurnia Nurmala (@putrikn)
Jumlah halaman: 100 halaman
Penerbit: Curious Media
Diterbitkan melalu nulisbuku.com

Blurb

Bagaimana tanggapanmu jika ada seorang ibu hamil yang rela menyiksa dirinya dengan pantangan-pantangan, atau seorang suami yang sudi berjuang memenuhi segala permintaan aneh istrinya – hanya demi menyelamatkan jabang bayinya dari kutukan tak masuk akal.

Juga tentang seorang gadis terpelajar yang dididik dengan ketajaman logika pun, pada akhirnya tunduk di telapak kaki kepercayaan “menyapu tidak bersih berarti jodohnya brewokan”?

Mitos adalah sebuah kepercayaan manusia pada kisah-kisah lampau yang mengandung penafsiran-penafsiran tentang alam semesta. Beberapa orang percaya, semesta mampu berkomunikasi melalui tanda-tanda.

Banyak yang tak percaya, lantas mengasumsikan mitos hanyalah omong kosong belaka. Sebagian justru sangat mempercayainya, menganggapnya sebagai hukum yang diciptakan semesta. Sisanya? Percaya, namun mereka benar-benar terjun untuk menggali pemaknaannya – sebagai bentuk pencarian hakikat hidup yang disediakan semesta, berikut Penciptanya.

Yang manakah kisahmu?

* * *

Buku ini, overall, cukup menghibur. Membacanya seperti diingatkan bahwa begitu banyak mitos yang kita dengar sehari-hari, atau bahkan kita pun ada yang mempercayainya?

Ada mitos bahwa kalau lelaki makan suka berpindah-pindah maka akan berkali-kali kawin. Ada juga yang bilang, kalau hamil dan kebanyakan minum susu cokelat, anaknya akan berkulit gelap. Ada pula mitos mengenai kalau perawan menyapu lantai dan nggak bersih, maka suaminya akan brewokan (nah, ini saya. Tapi mas bojo ndak brewokan. Malah cenderung fakir bulu πŸ˜† *buka rahasia* *dikeplak mas bojo*)

… daaaan selalu ada yang menarik perhatian saya. Di buku ini pun.

Yang pertama, berjudul “Jodoh” oleh Synthia Santoso. Kalau jodoh, tak kan lari ke mana. Betulkah itu mitos? Menurut saya, enggak sih. Bukan mitos. Tapi cara penceritaannya di sini bikin saya ngekek. Oh, God. Kalo memang sudah dijodohkan kayak apa, pada akhirnya semua orang akan bertemu di satu titik pun bisa. πŸ˜†

Yang kedua, Habiskan, Tangisan. Tulisan milik Ahmad Alkadri. Menurut saya, cerita ini yang paling #jleb twistnya. *usep kringet*. Keren!

Yang ketiga, adalah Nyi Bolang. Ini semacam menceritakan mengenai urban legend suatu daerah mengenai kemunculan sesosok perempuan misterius. Setiap daerah pasti punya mitos-mitos makhluk gaib. Twistnya juga lumayan, hanya saja, gaya penceritaannya sebenarnya bisa sih dibikin lebih horor dan kelam lagi. πŸ˜€

Yang paling menarik adalah di bagian akhir ada kumpulan tweet akun @katamitos mengenai kangkung, kompres, kopi dan pernikahan adat Jawa (yang bisa banget jadi bahan FlashFiction πŸ˜† ). Tweetnya lucu-lucu, menghibur banget. Dan memberikan tambahan pengetahuan baru untuk kita mengenai mitos.

Dua setengah dari lima bintang.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Ternyata banyak mitos dari berbagai daerah yang masih belum kuketahui πŸ˜€

    Soal mitos memang tergantung pribadi masing-masing sih, mau percaya atau tidak. Seperti mitos foto bertiga itu, lha anakku ada 3 jadi sering juga sih foto bertiga πŸ˜€

    Like

  2. Lidya says:

    aku inget mbak waktu hamil pascal aku suka sekali minum susu coklat karena memang rasa coklat yang aku suka dibilang nanti anaknya hitam loh. Kalau di lihat pasca gak hitam kan ya mbak heeheh

    Like

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s