Kisah Orang-orang Sagitarius – Kisah Orang-orang yang Tak Ingin Diikat

Judul: Kisah Orang-orang Sagitarius (Seri Horoskop #2)
Penulis: Ayu Utami, Fitria Sari, Putri Wardhani, Wiwin Erikawati, Yogi Pambudi
Editor: Christina M. Udiani
Desain Cover: Ari Prameswari
Ilustrasi Sampul: Pat Adele
Tata Letak Isi: Aldy Akbar
ISBN: 978-979-91-0628-5
Penerbit: KPG, 2013

Blurb

Sagitarius melihat yang tidak tampak, dan memiliki tenaga untuk mengejarnya. Ia berkepala manusia dan berkaki kuda. Sang manusia terpikat pada yang abstrak, teka-teki mengenai alam semesta. Sedang tubuh bawahnya mengandung kecerdasan hewani: intuisi dan nafsu-nafsu melangsungkan hidup. Ia mengingatkan kita pada Yunani Klasik, di mana para filsuf berpikir dan para atlet beradu raga. Sagitarius adalah makhluk penjelajah. Ia bisa saja brutal dan memasuki teritori orang lain. Tapi manusia selalu bisa menjinakkan mustang paling liar sekalipun, dan Sagitarius adalah keduanya.

Buku ini berisi cerita tentang karakter-karakter yang lahir dalam teritori Sagitarius.

Review

Saya dapatkan buku ini karena tiba-tiba saja dikirimi oleh Ceu Indtari ^_^ Makasih ya Ceu…

Pertama kali dapat, saya sempat underestimate. Maksudnya, seperti halnya ramalan zodiac yang membuat saya skeptis, begitu pun awal saya menimang buku ini. Buku dengan cerita bertemakan karakter Sagitarius. Sebenernya juga menarik sih, belum pernah saya lihat buku kumcer dengan tema begini. Apalagi setelah lihat penulis utamanya. Ayu Utami. Wow. πŸ˜€ Mata langsung seger deh.. Hahaha.

Kumcer? Yep, kumcer. Kumpulan cerpen. Seperti yang udah saya bilang, saya pemburu kumcer. πŸ˜€ Makanya, makasih Ceuceu udah kirimin buku ini. *tiyum*

Anyway… Sedikit tentang Sagitarius dan seri zodiac ini *seperti yang ditulis di bagian akhir*.

Ini adalah buku kedua seri Zodiac yang diterbitkan. Ini semata-mata karena serial ini pertama diluncurkan dalam perhelatan sastra Bienal Sastra Salihara di bulan Oktober 2013 yang bertema “Sirkus Sastra”. Buku diterbitkan berurutan untuk menyambut zodiac terdekat. Maka, seri pertama adalah Scorpio, kedua Sagitarius dan seterusnya. Hmmmm, jadi penasaran, sudah sampai zodiac apa ya sekarang?

Lebih lengkap mengenai perhelatan Bienal Sastra Salihara ini bisa dibaca sendiri di bagian akhir dari buku.

Buku ini berisi 11 cerita, yaitu:

  1. Dualitas – Ayu Utami
  2. Ibu Tiri – Ayu Utami
  3. Sirkus – Ayu Utami
  4. Dua Lelaki Sagitarius – Putri Wardhani
  5. Rumah Sakit – Ayu Utami
  6. Kotak Pandora – Wiwin Erikawati
  7. Ophiucus – Fitria Sari
  8. Sagita(Da)rius – Yogi Pambudi
  9. Bioskop – Ayu Utami
  10. Linguistik Cinta – Ayu Utami
  11. Wali – Ayu Utami

Yep. Membaca buku ini, semacam ditelanjangi gitu oleh Ayu Utami. πŸ˜† Yaelah. Berasa.

Yang unik dari ke-11 cerpen di sini, adalah satu sama lain nyambung. Eh, ga semua ding. Yang Ophiucus dan Sagita(Da)rius itu tokohnya beda dan ceritanya ga berkaitan dengan yang lain. Nah, 9 sisanya saling berhubungan. Jadi kayak cerita estafet gitu deh. Dan … KEREN BANGETTTTT!

Tokoh utama adalah Indira. Sebenarnya dia ini bukan Sagitarius, tapi orang-orang di sekitarnya-lah yang berzodiac Sagitarius. Mulai dari ayahnya, pacarnya hingga sahabatnya. Nah, masing-masing tokoh ini juga menjadi tokoh utama dalam beberapa cerpennya.

Membaca cerpen-cerpen di buku ini jadi berasa seperti lagi menyusun puzzle. Imajinasi kita rasanya seperti dipecah-pecah pada awal membaca cerpen pertamanya, dan kemudian satu persatu disusun lagi hingga cerpen terakhir. Tentunya ini berlaku untuk cerpen-cerpen dengan Indira sebagai tokoh utamanya ya.

Mengikuti perjalanan Indira dari cerpen satu ke cerpen lain, jadi berasa kayak kita menjadi orang di luar Sagitarius. Makanya saya bilang, saya berasa ditelanjangi oleh Ayu Utami πŸ˜† Saya jadi ngerti gimana perasaan orang-orang yang setiap harinya terlibat ama saya πŸ˜› termasuk saat saya “ngilang” supaya dicari. Oh yes. I am an attention whore in a way X))

Yang paling unik dari semuanya adalah cerpen terakhir. Di situ menjadi ending dari semua bagian. Dijelaskan apa yang terjadi dengan ayah Indira, ibu Indira dan juga Indira dan Sindhu sendiri. Dan kemudian, secara mengagetkan adalah munculnya tokoh Tom Cruise di sini >_< Oh ya, ini semustinya jadi twist semua cerita ya. Kok malah jadi spoiler. *sengaja* … How come Tom Cruise bisa muncul di sini? Tom Cruise yang mana dulu nih? Yaaa, Tom Cruise yang ituuuuu… Yang bintang Hollywood! Apakah zodiac Tom Cruise itu Sagitarius hingga ia “berhak” muncul di buku ini? Engga. Trus…? BACA AJA SENDIRI! 😈

Empat dari lima bintang.

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Arya says:

    mbaca ini jadi tertarik beli bukunya, biarpun sy bukan sagitarius sih hehe….

    Like

  2. Lidya says:

    ternyata masing2 bintnag mempunyai karakter sendiri ya mbak

    Like

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s