Reading Challenge Monday FlashFiction – Malaikat Jatuh

11041774_10153116598695489_7795602617724931119_n

Judul: Malaikat Jatuh dan Cerita-cerita Lainnya
Penulis: Clara Ng
Editor: Hetih Rusli
Desain ilustrasi sampul dan dalam buku: Emte
Tebal: 176 halaman
ISBN: 978-979-22-3935-5
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Blurb

Beppu, manusia bersayap cacat. Sayapnya hanya sebelah tidak dapat mengangkatnya terbang meniti angin. Louissa Manna, seorang ibu berusia ratusan tahun. Dia telah memakan jantung manusia bersayap untuk mendapatkan hidup abadi.

Pada pertemuan mereka yang dipenuhi kekejaman, Beppu dan Manna berjuang mempertahankan kewarasan, kesucian, dan di atas semuanya, cinta.

Sepuluh cerita. Tentang wajah perempuan. Dari ibu sampai pelacur, dari perawan sampai hanya pemeran. Semuanya dibingkai dalam dongeng-dongeng malam, kematian dan narasi kelam.

Di balik semua kematian dengan berbagai variasinya tampak, dan inilah yang penting, obsesi pengarangnya untuk berbicara, bahwa hubungan ibu dan anak adalah hakikat yang paling mendasar dalam hati nurani makhluk yang bernama manusia. ~ Prof. Dr. Budi Darma

Ada aroma kanak-kanak di cerpen-cerpennya, tapi jelas tidak kekanak-kanakan. Juga ada napas pengantar tidur, yang tidak membuat tidur. Tak seperti kita orang dewasa, anak-anak memiliki keliaran imajinasi yang nyaris tak terbatas. Seperti itulah cerpen-cerpen ini diperlakukan. ~ Eka Kurniawan

Review

Iya, akhirnya saya selesai juga membaca buku ini. Deuh. Masa cuma 176 halaman gini aja sebulan penuh baru selesai .___.

Ya sudahlah. Yuk, mulai aja reviewnya.

Seperti Adriana, buku ini saya ikutkan dalam Monday FlashFiction Reading Challenge yang tema bulan ini adalah mengangkat buku dengan judul yang dimulai dengan huruf “M” atau “F”. Kenapa dua huruf itu? Karena “M” dan “F” mewakili dari kata MFF.

Berdasarkan kisi-kisi pertanyaan dari PIC Reading Challenge, saya hanya harus menjawab beberapa pertanyaan dalam review ini. Cuma rada susah juga ini setelah lihat lagi pertanyaannya, secara buku yang saya baca ini kumpulan cerpen. Hahaha. Tapi nggak papa. Yuk, kita coba.

1. Kesan yang kamu harapkan saat ingin baca bukunya.

Yeah, namanya juga Clara Ng. Pasti harapannya banyak, saya bakalan belajar sembari membaca. Belajar apa? Belajar mengeksplorasi ide, belajar menerjemahkan imajinasi, belajar memperkaya kosakata dan lain-lain. Terus terang, saya belum pernah baca buku Clara Ng sebelumnya. Hehehe. Kenapa? Entahlah. Tapi saya sudah membaca cukup banyak cerpennya sih yang tersebar di beberapa tempat. Dan saya suka. Maka, saya berharap bisa ‘berkenalan’ lebih jauh dengan tulisan Clara Ng di buku ini.

2. Intisari dari buku tersebut apa saja?

Buku ini berisi sepuluh cerita. Here they are:

  • Malaikat Jatuh
  • Negeri Debu
  • Makam
  • Di Uluwatu
  • Lelaba
  • Hutan Sehabis Hujan
  • Akhir
  • Barbie
  • Bengkel Las Bu Ijah
  • Istri Paling Sempurna

Dan cerita-ceritanya, nggak ada yang nggak istimewa. *sigh* Kapan ya, saya bisa menulis seperti ini? Dan, susah juga nih saya mau mengulas satu per satu cerita pendeknya. Secara errrr, cerita-cerita pendek ini begitu padat dan mengalir. Begitu saya review, pasti jadi spoiler. Jadi saya mau review cerita pendek yang paling panjang aja ya, Malaikat Jatuh.

Syahdan, terdapatlah seorang manusia bersayap yang cacat sayapnya. Manusia bersayap di sini bukan malaikat ya, tapi saya rasa dia adalah makhluk mitos yang diimajinasikan oleh Clara Ng, yang hidup di suatu tempat yang jauh. Karena suatu sebab, Beppu, si manusia bersayap ini, tiba di suatu tempat. Dia sih sebenernya menyembunyikan sayapnya di dalam mantelnya sih. Tapi karena suatu kejadian, mantelnya lepas, dan whuaaaa terkembanglah sayap itu dengan megahnya. Jadi ketahuan deh.

Nah, Manna, seorang ibu yang anaknya sakit berat, secara nggak sengaja melihat kejadian ini. Lalu dia mengendap untuk mengambil darah Beppu yang memang sedang terluka. Konon, darah manusia bersayap bisa menyembuhkan semua penyakit yang parah. Lalu Manna pun segera meminumkan darah Beppu pada anaknya. Sembuhkah anaknya? Sembuh, tapi ternyata darah manusia bersayap ini membawa efek samping yang mengerikan. Manna sendiri ternyata adalah seorang perempuan yang berumur ratusan tahun, dan dia tak akan bisa mati. Immortal. Kok bisa? Karena dia pernah makan jantung manusia bersayap, ya karena sakit dan hampir mati juga. Konon lagi, manusia biasa yang makan jantung manusia bersayap akan hidup selamanya.

Dari semua sebab di atas, lalu terjadilah konflik-konflik mengerikan di sepanjang cerita. Endingnya pun cukup meledak.

Beugh!

Ga spoiler kan? Ga spoiler kan? 😆

Nah, cerita yang lain, sila dibaca sendiri yah 😆 Cuma ya itu, buku ini sudah lumayan langka dan kayaknya yang udah punya pun pada sayang buat lepas 😆

3. Tokoh-tokoh yang ditonjolkan dalam buku tersebut siapa saja dan menurut kamu, karakter mereka bagaimana?

Susah juga ya, secara ini cerita pendek jadi karakter tokohnya nggak diungkap secara mendalam.

4. Alur ceritanya bagaimana? Maju, mundur atau maju mundur?

Cerita-cerita pendeknya menggunakan alur maju semuanya.

5. Kamu “greget” nggak sama ending-nya? Apa sesuai dengan harapanmu?

Yes, greget. Saat membaca beberapa ceritanya, kita memang harus ‘melepaskan’ imajinasi seliar mungkin untuk bisa ditangkap pesan yang dibawa. Karena rada-rada kayak fiksimini gitu 😀

6. Apa manfaat yang kamu peroleh setelah membaca buku tersebut?

Seperti yang sudah saya kira. Saya belajar banyak di buku ini. Saya sebenarnya memang suka tersendat kalau baca buku macam ini. Baca satu paragraf, tiba-tiba ada ide. Satu paragraf lagi, ada ide lagi. Satu paragraf lagi, ide lagi. Hahahaha. Nggak bisa baca lepasssss, sampai akhir cuma menikmati cerita gitu. Kalau kayak Adriana kemarin, kan saya lepas bacanya. Bener-bener membaca buku, bukan lagi belajar yah. Membaca buku buat saya memang berarti dua: membaca untuk menghibur, atau membaca untuk belajar. Kalau pas untuk menghibur ya bisa cepet, kalau untuk belajar ya gini, satu bulan baru selesai untuk 176 halaman. 😛 Ya ya ya, saya jadi ngerti sekarang kenapa saya membaca dengan lambat kadang bisa cepat. Tergantung saya membaca untuk apa 😆 *menemukan pencerahan* Jadi inget buku Cinta dan Senja yang Berdarah-nya SGA. Udah berbulan-bulan ga kelar. 😆

Imajinasi itu memang jangan dibatasi. Lihatlah dari sudut pandang yang lain, untuk meluaskan imajinasi. Untuk kamu yang pembelajar otodidak kayak saya gini, buku ini very recommended.

7. Kalau kamu ditakdirkan bertemu langsung dengan penulisnya, apa yang kamu ingin sampaikan padanya berkaitan dengan bukunya yang telah kamu baca?

Ng, mau minta tanda tangan di buku itu, yang pasti sih 😆 Sama, ya, saya banyak belajar dari bukunya. Saya mau cium tangan aja, moga-moga imajinasinya nular ke saya. 😆 😆

8. Berapa rating-mu untuk buku-nya?

Empat dari lima bintang 🙂

Sampai ketemu lagi di Reading Challenge Monday FlashFiction berikutnya 😀

9 Comments Add yours

  1. Jiah says:

    Bueh bukunya sdh jarang??? Pdhal menarik…. Pengen baca berdarah2

    Like

    1. @RedCarra says:

      Udah jarang, tapi ya ada, Jiah. Biasanya di lapak2 buku bekas tuh…

      Like

  2. Wida Zee says:

    Kalau membaca secara langsung novel itu kayak yang seru dan menarik untuk dibaca 🙂

    Like

    1. @RedCarra says:

      🙂 Makasih ya sudah mampir

      Like

  3. Ryan says:

    Mbak, bukunya masuk dalam swap gak? Mauuuuuu.

    Like

    1. @RedCarra says:

      Wah, kayaknya nggak diswap, Mas, kalo yang ini 😆

      Like

  4. Lidya says:

    aku langsung penasaran buku asap saja yang aku punya berawalan huruf M dan F

    Like

  5. Mugniar says:

    Gak spoiler tapi keliatan seremnya Mak. Hiii

    Like

  6. Erin says:

    Harus ubek2 toko buku ini mah mba. 😂

    Like

Komennya, Kakak ^^

