Atlas Stiker Bergambar Dunia

IMG_4254Judul: Atlas Stiker Bergambar Dunia
Penulis: Sam Lake
Penerjemah: Tessa Febiani
Editor: Rian Irawan, Winny Rachmayanti
Tebal: 24 halaman full color
ISBN: 978-602-252-455-7
Penerbit: Erlangga for Kids

Blurb

Atlas bergambar dengan ilustrasi menarik ini dilengkapi lebih dari 350 stiker. Melalui peta-peta dalam atlas bergambar ini kamu bisa menjelajah seluruh dunia, mengunjungi berbagai objek wisata menakjubkan, dan mengetahui kondisi alam serta budaya berbagai suku di dunia. Tempelkan stikernya dan dapatkan pengetahuan tentang berbagai tempat serta negara di dunia.

Untuk informasi mengenai buku-buku stiker menarik lainnya, kunjungi http://www.erlanggaforkids.com.

Review

Sebelumnya saya pernah punya buku stiker kayak gini, kayaknya ada dua deh. Yang satu Barbie, yang satu kayaknya putri-putrian gitu. Ya, siapa lagi empunya? *lirik si Kakak* Kedua buku tersebut dengan cepat dan gampang dihabiskannya. Ya gimana nggak cepat, kan nempel-nempel baju sama aksesoris gitu doang. Itu juga udah dilepas-tempel lagi berulang-ulang, sampai udah nggak nempel lagi 😆

Terus, saya dapat buku ini.

Nah! Batin saya. Sekarang emang udah nggak zamannya lagi buku Barbie kan? Sekarang, kalau bisa sih, ya yang harus sambil belajar. Eh, meski yang buku Barbie itu juga belajar sih, kan dia jadi melatih motorik halusnya karena nempel-nempelin stiker. Tapi yang ini, pasti ada plus-nya lebih lagi dong. Gimana enggak? Ini tuh, buku atlas, gitu loh! *mulai kumat alaynya*

Hadir dengan 24 halaman yang full color, buku ini keren sangat! Terbagi atas 12 bagian, yaitu:

  • Dunia
  • Eropa Barat
  • Eropa Timur
  • Afrika Utara
  • Afrika Selatan
  • Asia Barat
  • Asia Timur dan Tenggara
  • Amerika Utara dan Tengah
  • Amerika Selatan
  • Australasia dan Oseania
  • Arktik dan Antartika
  • Kuis Dunia

Buku ini benar-benar ajak kita jalan-jalan keliling dunia. I mean, kalau atlas pada umumnya ya sekadar berhenti sebagai peta. Semacam petanya Dora. Tapi di sini, setiap daerah dilengkapi dengan apa yang khas dari daerah itu.

Coba kita lihat ya.

Di bagian pertama ada atlas Dunia. Kita diajak melihat-lihat seluruh daratan di dunia yang dikelilingi laut, termasuk apa yang ada di daratan, dan yang ada di dalam laut. Peta ini menunjukkan pemegang rekor dunia, dari hewan terbesar hingga terkecil, dan tercepat, hingga pegunungan tertinggi dan jalur kereta terpanjang. Beneran, saya juga baru tahu ada jalur rel kereta terpanjang yang terbentang dari Moskow di Eropa hingga Laut Jepang di Asia. Nama jalur rel kereta ini adalah Trans Siberia. Peta ini berfungsi sekaligus kayak daftar isi. Jadi kita juga bisa sekalian buka halaman yang berkaitan, misal kita lagi liat-liat air terjun tertinggi yaitu Air Terjun Angel, bisa langsung liat ke Amerika Selatan yang ada di halaman 18 – 19, dan seterusnya.

Bagian kedua – Eropa Barat. Meliputi negara-negara Skandinavia, hingga Semenanjung Balkan seperti Albania, Slovenia, dan Polandia. Seperti juga di bagian Peta Dunia, setiap negara di Peta Eropa Barat dilengkapi dengan hal-hal khas dari negara-negaranya, seperti ada Gunung Etna yang merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Eropa yang terletak di Sisilia, lalu ada juga gambar penari Irlandia di Irlandia. Ada berbagai hewan khas juga kayak kuda FJord yang ternyata berhabitat di Norwegia.

Bagian ketiga – Eropa Timur. Meliputi negara-negara Swedia, Latvia, hingga Yunani. Dilengkapi dengan berbagai hal yang khas seperti ada Kuil Parthenon Kuno di Yunani, Patung Motherland Calls di Volgograd, juga keterangan habitat Sabel di Rusia.

Bagian keempat – Afrika Utara. Meliputi negara-negara Kongo hingga Mesir, Maroko dan Tunisia. Kita akan ketemu Kastel Elmina di Ghana, mengenali orang Tuareg di Mali, mengunjungi habitat Jackal di Mesir … wah! Piknik beneran ini mah!

Bagian kelima – Afrika Selatan. Kita akan berkunjung ke negara-negara Kamerun, dan lurus ke selatan, ke Afrika Selatan. Nah, di sini dominan hewan-hewan nih. Buanyak banget! Termasuk Madagaskar. Ha! Jadi inget film kartunnya kan 😀 *dan langsung ngekek kalo inget raja lemurnya itu*

Bagian keenam – Asia Barat. Meliputi negara Turki (sebagian) dan kemudian menjelajah hingga ke Bangladesh. Bagian bumi yang ini kaya banget yah! Minyak, binatang, budayanya! Ada Taj Mahal di India, pemain dutar di Turkmenistan … Dari yang paling panas ke yang paling dingin, ada di bagian bumi yang satu ini.

Bagian ketujuh – Asia Timur dan Tenggara. Ini nih! Anak-anak nggak sabar untuk langsung ke bagian ini. Soalnya ada Indonesia 😆 Sayang, Indonesia cuma sedikit banget yah, jatahnya di sini. Cuma ada Borobudur, Komodo, Badak Sumatera, Orangutan, Tarsius, dan kerang Cowrie doang masaaaa … Hmmmm, semoga ada edisi atlas berstiker Indonesia ya, dalam waktu dekat. Heuheuheu 😀 Biar anak-anak juga bisa mengenal peta Indonesia in a fun way kayak gini!

Bagian kedelapan – Amerika Utara dan Tengah. Membujur dari Samudera Arktik hingga Panama. Di sini juga banyak banget hal yang bisa ditemukan nih! Dari mulai beruang kutub di Arktik, hingga kuil suku Maya di Meksiko. Keren gila!

Bagian kesembilan – Amerika Selatan. Ini juga luas banget, dan juga didominasi oleh fauna nih. You know lah, di sini kan ada hutan hujan Amazon ya. Jadi paling luas memang daerah itu. Binatangnya udah yang kayak apa, coba. Semua ada, dan lengkap. Tempel-tempel stikernya!

Bagian kesepuluh – Australasia dan Oseania. Nah, di sini banyakan biota laut deh. Ya gimana enggak. Kan di sinilah ada Samudera Pasifik. Kita akan mengenali Ikan Terbang, Pari Manta, Paus Sperma dan lain-lain di sini nih! Banyak banget nambah wawasan kelautan.

Bagian kesebelas – Arktik dan Antartika. Anak-anak sudah mengenalinya sebagai tempat paling dingin di dunia. And so they are! Meski terdiri atas es, tapi ternyata banyak budaya terjadi di atasnya ya. Ada orang-orang Sami, orang-orang Greenland. Ng, rumah Santa Klaus di sebelah mana yah? #eh

Nah, paling cocok membaca buku ini sambil nempelin stiker-stikernya.

Hampir semua hal ada stikernya, dari mulai fauna, flora, arsitektur bangunan hingga kondisi alam, yang merupakan ciri khas dari suatu daerah ada stikernya! Ini nih yang fun banget. Cocok buat media belajar anak-anak model kinestetik, kayak Anggit sama Ajeng nih 😆 Dan, ternyata lebih asyik lagi, baca ini buku, tempel stikernya, terus kalau masih pengin eksplor terus langsung browsing di internet tentang daerah yang pengin diketahui lebih lanjut. Misal pengin tahu tentang Kuil Maya, kan ada di peta Meksiko. Lalu kita browsing cari tahu lebih banyak lagi. Dan ternyata temuannya jadi banyak banget. Menarik!

Seneng banget menemukan buku ini. Meski anak-anak masih belum dapat pelajaran Ilmu Bumi, tapi bisa jadi bekal banget nih buat ntar 🙂

Mau dapetin buku ini? Langsung aja ke sini yak. 🙂 It’s highly recommended!

Advertisements

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s