Panduan Cepat Mendapatkan Buah Hati

15535244_1784931261756649_2788004529012998144_n
Stiletto, pinjam fotonya ya 😆 Pas mau foto, ternyata hape full memory. *plak!*

Judul: Panduan Cepat Mendapatkan Buah Hati
Penulis: Yulinda Puspita
Editor: Weka Swasti
Proof Reader: Herlina P Dewi & Desi Tuparman
Desain Cover: Pungki Letizya
Layout Isi: Arya Zendi
Tebal: xiv + 226 halaman
ISBN: 978-602-7572-59-1
Penerbit: Stiletto Book

Blurb

Panduan Cepat Mendapatkan Buah Hati merupakan buku yang sangat tepat Anda baca jika saat ini sedang menunggu kehadiran si kecil di tengah keluarga. Dalam buku ini, semuanya dijabarkan dengan tuntas mengenai pemahaman dasar tentang kehamilan sampai tip-tip yang bisa Anda dan pasangan Anda lakukan, di antaranya:

  • Pemahaman tentang sistem reproduksi
  • Cara mengenali masa subur
  • Faktor penghambar kehamilan beserta solusinya
  • Yoga kesuburan yang bisa Anda lakukan
  • Herbal alami untuk meningkatkan kesuburan
  • Tip agar tetap harmonis bersama pasangan
  • Sampai, alternatif lain mendapatkan buah hati

Benar, anak adalah titipan Tuhan. Namun, kita sebagai manusia sudah sepatutnya berikhtiar dan berdoa. Salah satunya adalah dengan membaca dan mempraktikkan apa yang sudah ada di dalam buku ini.

Review

Saya barangkali termasuk “beruntung”. Nggak sampai sempat ditanya “Kok belum isi juga?” sama orang-orang, pun juga nggak ditanya, “Lah, cepet amat kok udah lahiran?” *rolleyes*

Tapi saya kenal dengan beberapa orang yang benar-benar harus berjuang untuk dapetin momongan. Salah seorang sahabat saya sampai berobat ke mana-mana, karena sampai 8 tahun menikah, masih belum juga dikaruniai momongan. Akhirnya setelah berobat ke seorang sinsei, dan melakukan beberapa diet, akhirnya dia bisa juga hamil di usianya yang sudah menjelang 40 tahun. Dan kemudian 2 tahun selanjutnya, malah hamil lagi.

Makin ke sini, makin sadar. Orang punya permasalahan sendiri-sendiri memang ya. Yang di sebelah sana pengin banget punya anak. Yang di sini, punya anak brojal brojol gampang banget. Satu sama lain nggak bisa dibanding-bandingin. Namun, somehow, orang-orang masih saja nyinyirin.

Yasudahlah. Bahasannya kenapa ke mana-mana sik?

Buku ini dipersembahkan untuk para pasangan yang masih terus berikhtiar untuk mendapatkan momongan. Memang bener sih, di buku ini juga disebutkan.

Benar, anak adalah titipan Tuhan. Namun, kita sebagai manusia sudah sepatutnya berikhtiar dan berdoa.

Dan, usaha apa saja yang bisa kita lakukan itu? Semuanya dijelaskan per tahap dalam tiap bab dalam buku ini.

Bab I Pengetahuan Dasar Seputar Kehamilan

All has to start from the scratch, right? Begitu juga soal kehamilan. Kita harus tahu dulu, hamil itu apa dan bagaimana. Di sini dijelasin dari mulai pengertian hamil, proses terjadinya kehamilan, mengenali masa subur, waktu yang tepat untuk pembuahan, dan mengenali tanda-tanda awal kehamilan.

Bab II Sistem Reproduksi

Nah, selanjutnya kita harus juga tahu dulu mengenai sistem reproduksi kita sendiri yes? Mulai dari sistem reproduksi perempuan, sistem reproduksi pria, infertilitas, faktor-faktor yang memengaruhi peluang kehamilan, faktor-faktor yang memengaruhi kesuburan pria, hingga faktor lain yang bisa memengaruhi kesuburan baik pada pria dan perempuan. Usia, kebiasaan merokok, pengaruh radiasi, minuman beralkohol, dan tingkat stres bisa jadi penyebab kita nggak bisa cepat hamil. Nggak cuma perempuan yang harus menghindari stres, pria pun.

Bab III Mempersiapkan Kehamilan

Nah, di sini ada bab favorit kebanyakan orang barangkali, soalnya ada bahasan variasi gaya bercinta #ehh 😆

Tapi nggak cuma soal variasi gaya bercinta yang harus kita perhatikan kalau mau cepat hamil yes? Kita juga harus memperhatikan pola hidup kita. Sudah sehat belum? Ya itu tadi, balik lagi ke bab sebelumnya. Kalau kita masih saja merokok dan terlalu stres, ya jadinya susah hamil. Kondisi psikologis pun juga ngaruh lho. Penulis menyarankan beberapa kegiatan, supaya kita bisa menjaga kondisi psikologis ini, di antaranya meditasi, yoga, memancing atau berkebun. Wah, kayaknya saya sih juga butuh nih. Mancing ke laut. *terus terbawa arus* *halagh*

Bab IV Zat dan Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

Yang berikutnya yang harus diperhatikan pastinya nutrisi kita ya. Ada beberapa makanan yang baik dimakan oleh perempuan kalau mau cepat hamil, misalnya seperti kayu manis, kurma, cabai (wah!), gandum, avokad, dan lain-lain. Sedangkan untuk pria, penulis menyarankan banyak makan asparagus, semangka, dan lain-lain. Lho, taoge enggak ya? Kok nggak ada.

Untuk penjelasan per bahan makanannya, baca sendiri aja yah. Pokoknya lengkap ada di sini nih.

Bab V Herbal Alami untuk Meningkatkan Kesuburan

Saya sih selalu percaya akan kekuatan herbal yang alami, meski kalau disuruh minum ya agak angot-angotan. Hahaha. Tapi sudah beberapa bulan terakhir saya minum jamu kunyit asli, dan sudah beberapa kali datang bulan udah nggak terlalu sakit kayak dulu lagi. Meski lemesnya masih sih, karena yah … kan kehilangan banyak darah istilahnya ya. Tapi, kram-kramnya udah berkurang banget.

Beberapa herbal yang bisa “bantu” untuk cepat hamil adalah ginseng, benalu (what?), madu, dan lain-lain. Bisa dibaca deh, apa saja kandungannya hingga bisa bikin kita cepat hamil. Dicoba juga ya, supaya lebih tokcer.

Bab VI Tip-tip Meningkatkan Kesempatan Hamil

Yes, memang soal kapan, itu rahasia-Nya. Tapi baik sekali kalau kita juga berusaha, selain doa. Yang menarik di bab ini, ada diet kehamilan sesuai golongan darah lho. Nah, karena saya golongan darah O, saya akan kutip sedikit yang diet goldar O ya.

Perempuan yang bergolongan darah O mempunyai sistem kekebalan yang lebih tinggi, sehingga mudah beradaptasi dengan jenis makanan dan minuman apa pun (Oooo … pantesan makan apa aja rasanya cuma enak dan enak banget. -Red). Namun biasanya orang dengan golongan darah ini mempunyai riwayat asam lambung tinggi sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan dan cenderung mudah mengalami peningkatan asam lambung.

*manggut-manggut*

Hmmm … Abang dan ibu saya bergolongan darah O, dan keduanya memang punya maag yang lumayan akut. Si Kakak, anak saya yang sulung, juga bergolongan darah O, dan dia juga cukup lemah di pencernaan. Saya sendiri, lambung kayaknya nggak terlalu bermasalah dibandingkan yang lain sih. Cuma saya bermasalah kadang susah BAB. Hmmm … jadi, gimana dok?

*hloh, kok malah kayak konsultasi dokter*

*salah draf*

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ataupun dimakan oleh orang bergoldar O, dan juga bergoldar lainnya, semua dijelaskan di bab ini.

Ooo … saya nggak boleh minum susu. Ya, pantesan. Nggak suka susu juga sih. Hahaha.

Bab VII Alternatif Lain untuk Mendapatkan Buah Hati

Jika memang sudah mentok berbagai usaha untuk hamil, kita masih bisa mendapatkan anak dengan cara lain kok. Semua juga dijelaskan di sini.

Bab VIII Mitos-mitos Seputar Kehamilan

Kesalahan pasti ada pada pihak perempuan jika belum juga mendapat momongan, melakukan hubungan sesering mungkin selama masa subur meningkatkan peluang hamil, sulit hamil karena terlalu lama menunda kehamilan, dan gigi berlubang menghambat kehamilan, ternyata hanya mitos saja lho. Ada juga mitos-mitos lainnya yang perlu kamu tahu.

Bab IX Mendapatkan Buah Hati dengan Jenis Kelamin yang Diinginkan

Wew. Ternyata kalau mau anak perempuan atau anak laki-laki ada caranya ya. Kirain mitos aja dulu, pas dikasih tahu sama teman. Hihihi.

Seorang perempuan yang sempurna tidak hanya diukur dari apakah dia bisa memberikan buah hati atau tidak, melainkan lebih pada bagaimana sikap kita sebagai perempuan memberikan kemampuan yang kita miliki agar bermanfaat bagi diri kita sendiri, pasangan, keluarga, maupun orang-orang yang kita sayangi.

Memang menyebalkan banget ya, kalau selalu harus menghadapi pertanyaan, “Kapan hamil?”. Tapi yah, itu nggak bisa dihindari sih. Kita nggak bisa kesel dan sebel sama setiap orang yang nanya. Kita kan nggak bisa mengendalikan mereka, kita nggak bisa meminta pada satu per satu orang untuk nggak menanyakannya pada kita. Toh, mungkin mereka sekadar berbasa-basi.

Respon yang tepat untuk menjawab pertanyaan itu ya hanya senyuman. Atau, kalau mood lagi baik ya bawa saja ke arah jokes.

Nggak mudah memang. I know.

Karena itu, saya pribadi selalu menghindari bertanya basa-basi.

Advertisements

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s