Seribu Tahun Mencintaimu (BlogTour & Giveaway)

ice_2017-04-17-08-11-25-042-01Judul: Seribu Tahun Mencintaimu
Penulis: Sanie B. Kuncoro, Pringadi Abdi, Faisal Syahreza, Naminist, Novanka Raja, Dodi Prananda, Alvian Hanandi, Andhika Rahmadian Purnama, Nikotopia
Penyunting: Nikotopia
Pemindai Aksara: Jenny M. Indarto
Penggambar Sampul: Imam Bucah
Penggambar Ilustrasi: Indro Ristanto
Penata Letak: desain651@gmail.com
Tebal: 253 halaman
ISBN: 978-602-6799-23-4
Penerbit: Exchange

Blurb

“Bukalah matamu, wahai mata biru yang bernafsu. Ingatkah kau siapa diri kita sebenarnya? Ingatkah kau pada bara api di kedalaman diri? Bara yang sanggup membakar apa saja. Rasakanlah dengan jiwamu, wahai mata biru yang bernafsu. Rasakanlah cintaku, yang seribu tahun mencintaimu.”

Bagaimana rasanya bila engkau terlahir ke dunia seraya membawa ingatan tentang kehidupan sebelumnya? Ingatan tentang kelahiran dan kematian yang tak terkira banyaknya. Itulah yang terjadi pada Atmik, seekor tikus mungil yang jatuh cinta pada kucing betina bernama Meci. Belum ada dalam sejarah tikus mencintai kucing. Kenapa demikian? Ribuan kejadian terpampang dalam layar ingatan Atmik: Meci adalah belahan jiwanya seribu tahun lalu. Tetapi selama seribu tahun mereka kerap terpisahkan. Dalam kehidupan ini, Atmik berusaha agar mereka menyatu kembali. Bagaimana bisa Atmik meyakinkan Meci? Bagaimana kisah cinta mereka akan berakhir?

Tetapi ini bukan hanya kisah cinta Atmik dan Meci. Ada kisah cinta lain yang tak biasa. Kisah cinta yang penuh rahasia, cinta yang hancur berkeping-keping, dan cinta yang tak terlabuhkan. Kisah tentang ikan maskoki yang jatuh hati pada penjaga toko ikan, tentang seekor merpati hitam yang patah hati, tentang sepasang sepatu yang berbahagia, tentang selembar jilbab yang menjaga hati seorang gadis, tentang belalang sembah yang senantiasa bersyukur, tentang elang yang kehilangan cinta, dan masih banyak kisah lain yang akan membuatmu takjub dan memandang dunia dengan mata berkaca-kaca.

Review

IMG-20170321-WA0000

Duh, akhirnya! Lama banget kayaknya nggak ada buku kumcer dengan cerpen-cerpen populer terbit. Beberapa waktu belakangan ini, hanya ada kumcer-kumcer para sastrawan aja yang diterbitkan ulang kan ya? *Atau eikeh yang ketinggalan inpoh?*

AKHIRNYA!
Sebagai pembaca setia kumcer, saya patut merayakannya! *coffee salute!*

Yes, ini adalah sebuah buku kumpulan cerpen yang cukup unik konsepnya, Gaes. Apa uniknya? Mari kita lihat.

Ada 13 cerita dirangkum dalam buku ini. They are:

1.Seribu Tahun Mencintaimu – Nikotopia

Cerita cinta antara Atmik dan Meci, si tikus dan kucing. Lho? Pasti bingung kan? Kok tikus dan kucing saling jatuh cinta? Ternyata … kisahnya panjang banget. Dahulu kala, ada sepasang kekasih. Si perempuan adalah seorang dewi, si cowoknya adalah seorang ksatria. Si ksatria mengudeta kerajaan, karena cintanya pada si dewi. Namun keduanya harus mati.

Dan di sinilah cerita berlanjut. Yes, reinkarnasi.

Buat penggemar cerpen, mungkin ini kepanjangan. 79 halaman bo’! Tapi buat penggemar novel, ini pasti juga kependekan ya. Hahaha. Tapi meski panjang, kita akan dihibur dengan kedetailannya. So, nikmati saja!

2. 3 Warna – Sanie B. Kuncoro

I love this story. Ya, karena ini bercerita tentang cinta seekor anjing, my fav pet!

Kesetiaan seekor anjing, siapa sih yang bisa meragukan? Dan di cerita ini, karena cinta si anjing bahkan bisa membuat kedua tuan dan nyonyanya juga mengerti akan arti kesetiaan itu sendiri.

So sweet!

3. Hitam Putih Merpati – Pringadi Abdi

Ini cerita tentang perbedaan. Tentang cinta yang berbeda, antara merpati hitam dan merpati putih.

Yah, cinta itu memang sebenarnya merupakan persamaan antara kita dengan yang lainnya, tapi karena adanya perbedaan akhirnya membuat cinta tak bisa bersama. *mbulet* Tahu kan maksudnya?

4. Mas Kawin dan Maskoki – Andhika Rahmadian Purnama

Yang ini juga unik, dan bisa bikin aku meringis geli. Si Ciko cemburu, karena Mima suka sama Sonny. Sedangkan Sonny ini niatnya nggak baik sama Mima. Ciko yang tahu pastinya ya pengin “menyelamatkan” Mima. Tapi sayang, yang bisa Ciko lakukan hanyalah menggigit jari Sonny, dan menyemburkan air ke muka Sonny.

Nah, ayo tebak, Ciko ini apa? Hahaha.

5. Pulang – Dodi Prananda

Ada pesan yang bagus terselip dalam cerita ini. Tentang kepunahan hewan-hewan yang dilindungi. Tentang kita yang cuma mikirin diri sendiri.

Sssst, tunggu twist lembutnya di akhir cerita ya.

6. Selembar Harapan Malam – Naminist

Ini sebenarnya adalah cerita yang miris. Tentang seorang gadis yang rela melepas jilbab demi cinta pada seorang cowok yang sebenarnya nggak berharga.

Pesannya sangat jelas. Bahwa cinta itu sebenarnya bisa saja membuat kita terpeleset, dan bisa bikin kita jadi orang yang berbeda.

7. Filosofi Walangkekek – Novanka Raja

Ini cerita tentang belalang. Oh, God! Saya geli banget sama belalang! HIYYYY!!!!

Ya, intinya sih, tentang Bimo dan kakeknya. Kakek Bimo ini adalah satu-satunya yang Bimo punya, karena orang tuanya sudah tiada. Hingga kemudian Kakek juga harus pergi, Bimo pastinya sedih banget. Tapi, tenang, Bim, ada Rahma tuh. Gadis baik yang suka sama kamu. ๐Ÿ˜€

Ternyata penderitaan, cobaan dan ujian akan selalu hadir menyertai kita selama kita masih bernapas. Namun jangan menyerah dan kalah oleh keadaan. Kita terlahir penuh kebaikan.

8. Sayap Sepuluh Purnama – Alvian Hanandi

Saya suka banget dengan cerita yang kental lokalitasnya seperti ini! Mengambil setting Selandia Baru, cerita ini bercerita tentang cinta sepasang elang.

Ohiya, untuk diksi, cerpen yang ini adalah juaranya buat saya ๐Ÿ™‚

9. Sepasang Sepatu yang Menemukan Cintanya – Dodi Prananda

Wah, ini adalah cerpen kedua Dodi Prananda dalam kumcer ini. Yang satu ini, cerita cinta yang manis, yang diceritakan masih dari sudut pandang yang unik. Yes, dari PoV sepasang sepatu. Eh, dua pasang sepatu ding. Hahaha. So sweet deh.

10. Napas Terakhir – Naminist

Yahhh, Bingo kok disembelih ๐Ÿ˜ฆ Huhuhu. Tapi, amin, Deto! Semoga mimpimu segera terwujud ya. Pengorbanan Bingo jadi nggak sia-sia.

*elap ingus*

11. Boneka Kelinci yang Menanti Keajaiban di Sudut Etalase – Nikotopia

Ini satu-satunya dark story dalam kumcer ini kayaknya yah. And, my fav!

Saya suka cerita yang melintir di bagian belakang. Kita yang tadinya berpihak pada Nina, pasti deh jadi berbalik mengasihani ibunya. Meski masih kurang puas juga dengan alasan mengapa Nina punya perilaku seperti itu sih. Duh, kentang bo’! ๐Ÿ˜†

12. Mata Uang – Andhika Rahmadian Purnama

Ah. Speechless kalau baca cerita ini. Membukakan mata banget, bahwa sebenarnya hidup kita ini dikendalikan oleh uang, dan bukanlah sebaliknya.

*sigh*

13. Jalan yang Salah Mencintaimu Tapi Tak Menyesal Menunggumu – Faisal Syahreza

Nah, yang terakhir ini tetap unik. Kisah seorang gadis Risala yang dicintai jalanan. Yang satu ini juga punya twist di akhir cerita. Ditunggu ya ๐Ÿ˜‰

See? Unik banget ya, ke-13 cerita pendek yang terkumpul dalam buku Seribu Tahun Mencintaimu ini.

Saya akui, nggak mudah lho, membuat cerita dari sudut pandang bukan manusia seperti cerita-cerita di sini. Kita mesti pintar dan cerdas menyampaikan pesan seakan-akan yang bukan manusia ini selayaknya berperilaku seperti manusia, tapi juga jangan terlalu manusiawi. Karena terlalu manusiawi ya jadinya nggak masuk logika aja gitu.

If you know what I mean.

Dan, gimana dengan cerita-cerita di sini? Sebagian memang sukses bercerita dari sudut pandang bukan manusia, tapi sebagian lagi juga kok masih terlalu manusiawi.

Tapi memang unik banget sih, konsepnya. Kamu akan lebih merasakan lagi keunikannya setelah beneran membaca buku ini.

Ngomong-ngomong soal membaca buku Seribu Tahun Mencintaimu, saya punya 2 buku kumcer ini yang gratis bisa kamu dapetin. Hohoho. Mau?

Kalau mau, ikutan giveaway-nya yang super gampang ini deh.

Giveaway Seribu Tahun Mencintaimu

GA 1000 tahun mencintaimu

Ketentuan:

  1. Like Fanpage Facebook Penerbit Exchange
  2. Follow akun Instagram Seribu Tahun Mencintaimu (@seributahunmencintaimu) dan IG @r3dcarra. Kalau nggak punya IG, boleh di-skip.
  3. Share giveaway ini di akun media sosial kamu, boleh Facebook, Twitter atau IG. Pilih salah satu, atau mau di semua akun medsos boleh juga :mrgreen: Mention/tag minimal 2 teman untuk ikutan GA ini.
    Nggak usah mention saya nggak apa-apa, yang penting nanti setorkan link share kamu di jawaban giveaway ini. Jangan lupa diset publik ya, biar saya bisa cek.
  4. Jawab pertanyaan berikut:

    Apa sih arti cinta untukmu?

    Ciyeeee … dalem nih. Hahaha.

  5. Tulis jawaban di kolom komen dengan format:
    Nama:
    Akun Twitter/IG/Facebook: (sesuai dengan share GA-nya)
    Link share GA:
    Jawaban:
  6. Jawaban kamu ditunggu sampai tanggal 23 April 2017, pukul 23.59 waktu Indonesia bagian Carra.

Nah, gampang yes?

Pokoknya, ini buku recommended buat kamu yang suka cerita-cerita cinta apalagi yang suka cerita-cerita cinta yang unik. Must read and must have! ๐Ÿ™‚

Saya tunggu jawaban kamu ya!

Advertisements

26 thoughts on “Seribu Tahun Mencintaimu (BlogTour & Giveaway)

  1. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95

    Menurut saya, cinta adalah anugerah Tuhan yang diciptakan, dititipkan Tuhan pada semua makhluknya sehingga kita semua yang ada di muka bumi ini bisa saling mengasihi dan tidak saling membenci. Cinta itu sifatnya universal kan, nggak hanya berbatas pada perasaan dua orang yang saling bertautan. Oleh karenanya hadirnya cinta adalah hal yang membuat kita bisa terus ‘hidup’ dan berdampingan hingga hari ini.

    Like

  2. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/853881060047835136

    Banyak sebenarnya makna cinta. Bahkan gak cukup jika hanya digambarkan lewat kata-kata. Dan masing-masing dari kita memiliki persepsi berbeda dalam memaknai cinta. Karena yaa cinta itu relatif. Bergantung pada pemilik cinta itu sendiri.

    Secara pribadi bagiku makna cinta itu keikhlasan berkorban. Namun juga gak diluar batas kewajaran. Sepanjang masih bisa diterima akal pikiran, maka itu masih bisa dikatakan cinta. Karena sejatinya cinta itu gak semata soal perasaan, nalar juga dibutuhkan untuk menjadikannya gak salah berperan. Sebab, cinta itu pada hakikatnya mengajarkan hati dan pikiran untuk lebih peka memilah antara nafsu dan ketulusan. Bukan sekedar mengutamakan perasaan, alih-alih berkorban sepenuh jiwa raga dengan mengatasnamakan cinta. Padahal cinta juga butuh logika, gak sebuta yang seringkali digambarkan pujangga.

    Terima kasih.

    Like

  3. Erin
    Twitter : @RiienJ
    Link Share : https://twitter.com/RiienJ/status/853901745692475392

    Apa sih arti cinta untukmu?

    bagi aku ada tiga kita untuk arti cinta itu Kebahagiaan, Penderitaan dan Perjuangan.
    Cinta itu sejatinya membawa kebahagiaan bagi siapapun yang merasakannya, sayangnya dibalik itu semua akan ada selalu kesedihan entah itu yang akan membawa penderitaan sesaat atau selamanya yang bikin susah move on. Tapi, dibalik itu semua bagi aku apa pun yang terjadi cinta itu meski di perjuangkan hingga kita benar-benar mendapatkannya atau mengikhlaskan untuk merelakannya pergi.

    Like

  4. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun Twitter: @bety_19930114
    Link share GA: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/853906978409652225?p=v

    Jawaban: Cinta itu giving, forgiving and free.
    Giving artinya ikhlas, hanya memberi tak harap kembali. Tetap terus memberikan kasih sayang dan perhatian meskipun tanpa balasan dalam bentuk apapun dari orang yg dicintai.
    Forgiving artinya memafkan apapun keburukan masa lalu orang yg dicintai dan menerima segala kekurangannya.
    Free adalah bebas.. Cinta dgn seenaknya bebas datang dan pergi dimanapun, kapanpun dan pada siapapun sehingga manusia tidak bisa memilih. Cinta juga bebas untuk menetap sementara atau selamanya di hati seseorang.

    Like

  5. Nama : Utami
    IG : @zellmhyzz
    Link Share : http://instagram.com/p/BS–6NuBEuj/
    Jawaban :

    Cinta.. Satu kata yang sangat familiar. Setiap orang pasti pernah merasakan cinta. Tapi tak semua orang mampu mendefinisikan arti cinta. Cinta itu sesuatu yang abstrak. Sesuatu yang tak kasat mata. Seperti halnya udara, cinta tak dapat dilihat ataupun diraba. Namun kita dapat merasakannya.

    Buat aku cinta itu pencipta warna. Seperti spektrum diantara hitam dan putih yang menghasilkan warna pelangi. Cinta itu pencipta cahaya. Seperti suluh dalam temaram malam. Cinta itu penyempurna rasa, penggenap jiwa. Dan pada hakekatnya cinta tercipta untuk membahagiakan. Karena cinta adalah anugerah, yang melahirkan jiwa-jiwa penuh kasih sayang.

    Like

  6. Nama: Bety Sulistyorini
    Twitter: @sulistyorinib
    Link share: https://mobile.twitter.com/sulistyorinib/status/853959125989941249

    Fb: Bety Sulistyorini Kristianto
    Link share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10209014224773351&id=1249182284

    Jawaban: cinta adalah kekuatan yang mampu membuatmu merasakan bahagia dan sedih yang begitu kencang dalam sekali hentak. Bahagia saat memilikinya, sekaligus tersayat ketika tak lagi bisa menyentuh orang yang kamu cintai. Membiarkan menjauh, hanyalah kamuflase sesaat yang takkan pernah terganti dengan apapun, bahkan waktu.

    Like

  7. Nama : Egi sasmita
    Akun share Instagram : @Egiisas07_
    Link share GA : https://www.instagram.com/p/BS_bwDujnEC/

    jawabannya :

    Menurutku Cinta itu adalah sesuatu yang murni, tulus dan suci yang timbul tanpa adanya paksaan, yang datang tanpa di duga.

    Cinta itu tentang memperjuangkan dan di perjuangkan, tentang memberi tampa mengharapkan balasan, cinta itu tentang cara mengasihi bukan mengasihani, cinta itu tentang cara meng-ikhlaskan perasaan, dan tentang arti sebuah ketulusan.

    dan menurutku cinta umumnya kayak permen nano-nano, sedih, senang, kecewa, bahkan patah hati bercampur jadi satu. cinta bagai paket rasa-rasa yang sekali mencoba akan ikut merasakan rasa lainnya. siap untuk jadi cinta berarti siap untuk merasakan kecewa.

    Like

  8. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/854131389347774464

    Menurutku cinta itu adalah sebuah perasaan yang ada dalam diri seseorang yang muncul tanpa ada penyebab yang jelas dan kehadirannya tidak menuntut. karena cinta hadir bukan hanya untuk alasan yg akan menyebabkan ketidak puasan dan menuntut. Dan cinta itu seฤerhana. Belajar menerima, belajar menjadi lebih baik. Banyak hal yang dapat dipelajari dari cinta. Betapa hebatnya cinta sampai dia bisa menjadi racun sekaligus penyembuh.

    Liked by 1 person

  9. Nama: Yossi Yaumil rachman

    Akun twitter: @yaumilrachman

    Link: https://twitter.com/YaumilRachman/status/854169315414687746

    Jawaban:
    Cinta menurut saya adalah.

    K E B U T U H A N

    Tapi bukan berarti seperti hubungan simbiosis mutualisme antar pedagang tahu bulat yang digoreng dadakan limaratusan dengan konsumennya.

    Yups! nggak sesimple itu.

    Tentunya dengan level yang lebih rumit dan khas serta membawa dampak tertentu bagi yang merasakan Seperti kebahagiaan, merasa berarti dsb.

    Semisal, aku cinta keluarga karena aku butuh support dari mereka dan kasih sayang.

    Aku cinta dengan pekerjaanku, karena aku butuh pekerjaanku demi menunjang finansial dan karier tentunya.

    Aku cinta menulis, karena aku butuh yang namanya aktualisasi diri dalam hidup.

    Aku cinta agamaku, karena aku butuh ketenangan rohani.

    Dan aku cinta dia karena aku butuh dia untuk melengkapi hidupku yang kurang ini.. Uhuk!

    Tentunya dengan asas take and give, bukan berdasarkan ego semata.

    Liked by 1 person

  10. Nama: Damar Aisyah
    Fb : Damar Nur Aisyah
    Twitter: @DamarAisyah
    Ig:@aisydamara
    Link :

    Hello, giveaway lagi nih @rizkikarunianti , @irdaryolita . Kali ini dari @r3dcarra Link-nya di sini https://carralibrary.wordpress.com/2017/04/17/seribu-tahun-mencintaimu-blogtour-giveaway/ Jangan sampai ketinggalan. ๐Ÿ™‚ #Repost from @r3dcarra with @regram.app … โ€œBukalah matamu, wahai mata biru yang bernafsu. Ingatkah kau siapa diri kita sebenarnya? Ingatkah kau pada bara api di kedalaman diri? Bara yang sanggup membakar apa saja. Rasakanlah dengan jiwamu, wahai mata biru yang bernafsu. Rasakanlah cintaku, yang seribu tahun mencintaimu.โ€ . . . Ada #giveaway #buku kumpulan #cerpen di #blog bukuku loh! Kamu hanya perlu share giveawaynya, jawab pertanyaannya, dan tinggalkan identitas aja. Gampang! . Link ada di bio yes? Buku ini recommended, karena cerita-cerita di dalamnya sangat unik. You must read it! . . #bookaddict #bookstagram #books #books #book #booklover #bookblog #bookworm #bookquiz #quiz #instabook #bookish #kuisbuku #kuis #love #roman #romance

    A post shared by damaraisyah (@aisydamara) on

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10212705467496043&id=1367125668

    Menurutku, Cinta adalah bentuk pengabdian. Bukan hanya mengabdi pada apa yang dicinta tapi pada seluruh rasa yang hadir karena cinta.

    Like

  11. Nama: devira belin
    Twitter/ig: @virscnd
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/854601403720912896
    Jawaban:
    Arti cinta buat aku, adalah motivasi tersendiri untuk melakukan sesuatu. Karena cinta kita rela melakukan apapun bukan? Dan bahkan kita bisa menjadi lebih baik karena adanya cinta dari seseorang. Tapi disisi lain, cinta juga bisa melemahkan kita. Karena jika kita terlalu mencintai seseorang, apapun yg dilakukan orang tersebut akan terlihat baik dimata kita, kata orang si cinta itu buta wkwk. Jadi menurutku, cinta itu penuh dengan misteri. Kadang menguatkan, kadang jg melemahkan ๐Ÿ™‚

    Like

  12. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Link share:

    Cinta adalah sumber kebahagiaan hidup seseorang, baik itu menerima atau memberi cinta. Karena segala yang dibutuhkan bagi manusia untuk kebahagiaan yang HQQ adalah rasa cinta dan kasih sayang itu. Sekali pun hidup dengan gelimang harta atau pun bertahan hidup sampai ribuan tahun, tapi kalau tidak merasakan cinta dari siapa pun (sahabat, keluarga, orangtua) rasanya percuma.

    Like

  13. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/854608454828384256

    Apa sih arti cinta untukmu?
    Jawab: Arti cinta? Buatku cinta itu abstrak. Cinta itu sesuatu yang tidak bisa dijabarkan tapi bisa dirasakan. Cinta itu awal segalanya. Karena menurutku apapun yang berawal dari cinta yang tulus dari dalam hati, akan berakhir dengan baik walaupun tidak berujung bahagia. ^^

    Like

  14. Nama: Kitty
    Akun Twitter/IG/Facebook:
    – Twitter/IG: @WoMomFey
    – Facebook: Kitty Tsukino [https://www.facebook.com/kitty.tsukino.5]
    Link share GA:
    – Twitter: https://twitter.com/WoMomFey/status/854797405023199232
    – IG: https://www.instagram.com/p/BTFK6Jgh6VH/
    – Facebook: https://www.facebook.com/kitty.tsukino.5/posts/10154478734488461

    Jawaban:
    Kurasa cinta itu sebenarnya sesederhana konsep memberi tanpa pamrih (alias tanpa mengharapkan imbalan). Namun sering kali kita, manusia suka njelimet sendiri dalam mengungkapkan perasaan cinta ini. Berkaca dari review buku kumcer Seribu Tahun Mencintaimu ini, cinta itu bahasa universal yang bisa dimengerti dan dipahami oleh semua makhluk. Coba lihat, karena cintanya pada bumi, langit kerap meneteskan air matanya untuk menyejukkan kegersangan tanah di bumi. Karena cintanya pada sang ratu dan koloninya, ribuan hingga jutaan semut rela bersusah-payah bekerja keras mengumpulkan makanan sebanyak mungkin demi memberi makan sang ratu (yang kerjamnya hanya leyeh-leyeh dan melahirkan bayi-bayi semut) berikut seluruh koloninya. Karena cintanya pada lebah, sang bunga mengijinkannya menghisap sari-sari terbaiknya untuk dibawa pulang dan diolah menjadi manisnya madu. Dan masih banyak lagi kisah cinta lainnya yang terjadi dengan begitu indahnya.

    Cinta yang seharusnya murni dan manis ternyata bisa juga berubah menjadi pahit ketika ada banyak kepentingan dicampur ke dalamnya. Cinta juga kerap disalahgunakan sebagai kedok semata untuk mencapai keinginan yang bahkan seringkali tidak sejalan dengan keindahan cinta itu sendiri. Misalnya saja, demi bisa hidup nyaman dan tampil glamor, seorang gadis rela berkedok cinta untuk menjerat pria super kaya yang mungkin kala itu benar-benar jatuh hati pada si gadis. Cinta akan uang dan harta juga kerap kali membawa petaka dan kejatuhan bagi banyak orang yang silau oleh kilaunya materi.

    Bagiku, cinta itu sesederhana menunggu suamiku pulang kerja sekalipun aku sudah sangat lelah dan letih seharian. Cinta membuatku tetap mau menemani anak-anakku bermain sepulang kerja, sekalipun badan ini rasanya sudah begitu remuk. Cinta jugalah yang membuatku rela menyisikan waktu tidurku untuk aku bisa membaca buku saat dini hari, atau sekedar mengisi blog sebagai hobi yang sangat kusukai.

    Like

  15. Nama: irdaryolita

    Akun Twitter/IG/Facebook:
    Instagram : @irdaryolita
    Facebook : irdaryolita kusumaningtyas

    Link share GA:https://www.instagram.com/p/BTFWi6qDN3-E-guKRwNA0Nxmlj-ZDoJT9yo-VE0/

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10154690563408990&substory_index=2&id=689748989

    Jawaban:
    Cinta itu
    Setetes Embun di sahara
    Pelangi setelah datangnya hujan
    Seutas senyum dalam prahara

    Dan Cinta itu…
    Ketika memberi tak berharap menerima

    Cinta itu universal
    Cinta itu sakral
    Cinta itu Tuhan YME, karena Dialah Sang Maha Pecinta sejati
    Mari mencinta untuk alam semesta
    Mari mencinta untuk keseimbangan jiwa

    L O V E has no labels

    “Puisi cintaku, penggambaran diriku atas makna cinta”

    Like

  16. nama : Riska budiarti
    twitter : @riskabudiarti3
    link share : https://twitter.com/RiskaBudiarti3/status/855194124596555776

    Apa sih arti cinta untukmu?

    cinta itu bagaikan kertas putih yang masih bersih. belum ada secarik noda pun tanpa penghuni. saat menemukan sebuah kebebasan, cinta akan berkelana. mengelilingi dunia dan menyebarkan kasih dan sayang.hidup tanpa cinta memang cukup sulit. jarang ada kebahagiaan yang terajut tanpa cinta. dalam kehidupan dan bernegara, cinta pasti ikut andil dalam penentuan pemimpin. cinta juga akan terus mengalir melalui darah yang berada pada tubuh kita. oleh sebab itu, cinta adalah pedoman kebahagiaan.

    Like

  17. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/855431889355546624
    Jawaban: cinta itu sesuatu yang dapat dirasakan tapi tak dapat dipegang wujudnya. Kayak angin, sekencang apapun hembusannya tetap tak bisa dilihat tapi efeknya dahsyat. Berkaca pada buku ini ternyata pandangan cinta lebih luas dibanding apa yang selama ini aku pikir. Yang melulu tentang pria dan wanita yang bertemu, jatuh cinta lalu happily ever after. Ternyata banyak wujud lain untuk cinta bahkan untuk binatang atau benda mati. Semua bisa terkena rasa ini. Inti yang paling dirasa adalah rasa cinta tak lekang oleh waktu. Dan bagaimana rasa ini tumbuh dalam jiwa dan merajai hati.

    Like

  18. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/855612434886688769
    Jawaban :Cinta itu adalah candu yang membuat semua orang merasa harus merasakannya dan berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Namun kadang kita terlalu meng-hambakan cinta, sehingga ada istilah mabuk cinta. Memang benar jika ada yang bilang ‘cinta itu buta’. Karena pada prakteknya, ketika kita cinta pada seseorang, kita tidak peduli bagaimana buruknya dia, atau apa kekurangannya, karena kita hanya fokus pada kelebihannya. Tapi yang terpenting, cinta itu tak terbatas, bukan memberi lantas inginkan balasan. Karena sejatinya cinta itu adalah memberi dengan ikhlas. Seperti Tuhan yang selalu mencintai hambanya setiap waktu tanpa mengharapkan balasan.

    Like

  19. Nama: Oka
    Akun Twitter: Occa101
    Link share GA: https://twitter.com/occaa101/status/855730979641597952
    Jawaban:
    “Cinta” menurut saya cuma istilah yang mewakili rasa. Rasa yang terkadang lebih besar, lebih agung, bahkan tak terukur untuk hanya sekadar dilabeli, “cinta”. Bahasa memang media untuk berekspresi termasuk mengekspresikan cinta, sayangnya terkadang bahasa pula yang membatasi kita untuk tahu apa itu cinta yang sebenarnya.

    Like

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s