Seribu Tahun Mencintaimu (BlogTour & Giveaway)

ice_2017-04-17-08-11-25-042-01Judul: Seribu Tahun Mencintaimu
Penulis: Sanie B. Kuncoro, Pringadi Abdi, Faisal Syahreza, Naminist, Novanka Raja, Dodi Prananda, Alvian Hanandi, Andhika Rahmadian Purnama, Nikotopia
Penyunting: Nikotopia
Pemindai Aksara: Jenny M. Indarto
Penggambar Sampul: Imam Bucah
Penggambar Ilustrasi: Indro Ristanto
Penata Letak: desain651@gmail.com
Tebal: 253 halaman
ISBN: 978-602-6799-23-4
Penerbit: Exchange

Blurb

“Bukalah matamu, wahai mata biru yang bernafsu. Ingatkah kau siapa diri kita sebenarnya? Ingatkah kau pada bara api di kedalaman diri? Bara yang sanggup membakar apa saja. Rasakanlah dengan jiwamu, wahai mata biru yang bernafsu. Rasakanlah cintaku, yang seribu tahun mencintaimu.”

Bagaimana rasanya bila engkau terlahir ke dunia seraya membawa ingatan tentang kehidupan sebelumnya? Ingatan tentang kelahiran dan kematian yang tak terkira banyaknya. Itulah yang terjadi pada Atmik, seekor tikus mungil yang jatuh cinta pada kucing betina bernama Meci. Belum ada dalam sejarah tikus mencintai kucing. Kenapa demikian? Ribuan kejadian terpampang dalam layar ingatan Atmik: Meci adalah belahan jiwanya seribu tahun lalu. Tetapi selama seribu tahun mereka kerap terpisahkan. Dalam kehidupan ini, Atmik berusaha agar mereka menyatu kembali. Bagaimana bisa Atmik meyakinkan Meci? Bagaimana kisah cinta mereka akan berakhir?

Tetapi ini bukan hanya kisah cinta Atmik dan Meci. Ada kisah cinta lain yang tak biasa. Kisah cinta yang penuh rahasia, cinta yang hancur berkeping-keping, dan cinta yang tak terlabuhkan. Kisah tentang ikan maskoki yang jatuh hati pada penjaga toko ikan, tentang seekor merpati hitam yang patah hati, tentang sepasang sepatu yang berbahagia, tentang selembar jilbab yang menjaga hati seorang gadis, tentang belalang sembah yang senantiasa bersyukur, tentang elang yang kehilangan cinta, dan masih banyak kisah lain yang akan membuatmu takjub dan memandang dunia dengan mata berkaca-kaca.

Review

IMG-20170321-WA0000

Duh, akhirnya! Lama banget kayaknya nggak ada buku kumcer dengan cerpen-cerpen populer terbit. Beberapa waktu belakangan ini, hanya ada kumcer-kumcer para sastrawan aja yang diterbitkan ulang kan ya? *Atau eikeh yang ketinggalan inpoh?*

AKHIRNYA!
Sebagai pembaca setia kumcer, saya patut merayakannya! *coffee salute!*

Yes, ini adalah sebuah buku kumpulan cerpen yang cukup unik konsepnya, Gaes. Apa uniknya? Mari kita lihat.

Ada 13 cerita dirangkum dalam buku ini. They are:

1.Seribu Tahun Mencintaimu – Nikotopia

Cerita cinta antara Atmik dan Meci, si tikus dan kucing. Lho? Pasti bingung kan? Kok tikus dan kucing saling jatuh cinta? Ternyata … kisahnya panjang banget. Dahulu kala, ada sepasang kekasih. Si perempuan adalah seorang dewi, si cowoknya adalah seorang ksatria. Si ksatria mengudeta kerajaan, karena cintanya pada si dewi. Namun keduanya harus mati.

Dan di sinilah cerita berlanjut. Yes, reinkarnasi.

Buat penggemar cerpen, mungkin ini kepanjangan. 79 halaman bo’! Tapi buat penggemar novel, ini pasti juga kependekan ya. Hahaha. Tapi meski panjang, kita akan dihibur dengan kedetailannya. So, nikmati saja!

2. 3 Warna – Sanie B. Kuncoro

I love this story. Ya, karena ini bercerita tentang cinta seekor anjing, my fav pet!

Kesetiaan seekor anjing, siapa sih yang bisa meragukan? Dan di cerita ini, karena cinta si anjing bahkan bisa membuat kedua tuan dan nyonyanya juga mengerti akan arti kesetiaan itu sendiri.

So sweet!

3. Hitam Putih Merpati – Pringadi Abdi

Ini cerita tentang perbedaan. Tentang cinta yang berbeda, antara merpati hitam dan merpati putih.

Yah, cinta itu memang sebenarnya merupakan persamaan antara kita dengan yang lainnya, tapi karena adanya perbedaan akhirnya membuat cinta tak bisa bersama. *mbulet* Tahu kan maksudnya?

4. Mas Kawin dan Maskoki – Andhika Rahmadian Purnama

Yang ini juga unik, dan bisa bikin aku meringis geli. Si Ciko cemburu, karena Mima suka sama Sonny. Sedangkan Sonny ini niatnya nggak baik sama Mima. Ciko yang tahu pastinya ya pengin “menyelamatkan” Mima. Tapi sayang, yang bisa Ciko lakukan hanyalah menggigit jari Sonny, dan menyemburkan air ke muka Sonny.

Nah, ayo tebak, Ciko ini apa? Hahaha.

5. Pulang – Dodi Prananda

Ada pesan yang bagus terselip dalam cerita ini. Tentang kepunahan hewan-hewan yang dilindungi. Tentang kita yang cuma mikirin diri sendiri.

Sssst, tunggu twist lembutnya di akhir cerita ya.

6. Selembar Harapan Malam – Naminist

Ini sebenarnya adalah cerita yang miris. Tentang seorang gadis yang rela melepas jilbab demi cinta pada seorang cowok yang sebenarnya nggak berharga.

Pesannya sangat jelas. Bahwa cinta itu sebenarnya bisa saja membuat kita terpeleset, dan bisa bikin kita jadi orang yang berbeda.

7. Filosofi Walangkekek – Novanka Raja

Ini cerita tentang belalang. Oh, God! Saya geli banget sama belalang! HIYYYY!!!!

Ya, intinya sih, tentang Bimo dan kakeknya. Kakek Bimo ini adalah satu-satunya yang Bimo punya, karena orang tuanya sudah tiada. Hingga kemudian Kakek juga harus pergi, Bimo pastinya sedih banget. Tapi, tenang, Bim, ada Rahma tuh. Gadis baik yang suka sama kamu. 😀

Ternyata penderitaan, cobaan dan ujian akan selalu hadir menyertai kita selama kita masih bernapas. Namun jangan menyerah dan kalah oleh keadaan. Kita terlahir penuh kebaikan.

8. Sayap Sepuluh Purnama – Alvian Hanandi

Saya suka banget dengan cerita yang kental lokalitasnya seperti ini! Mengambil setting Selandia Baru, cerita ini bercerita tentang cinta sepasang elang.

Ohiya, untuk diksi, cerpen yang ini adalah juaranya buat saya 🙂

9. Sepasang Sepatu yang Menemukan Cintanya – Dodi Prananda

Wah, ini adalah cerpen kedua Dodi Prananda dalam kumcer ini. Yang satu ini, cerita cinta yang manis, yang diceritakan masih dari sudut pandang yang unik. Yes, dari PoV sepasang sepatu. Eh, dua pasang sepatu ding. Hahaha. So sweet deh.

10. Napas Terakhir – Naminist

Yahhh, Bingo kok disembelih 😦 Huhuhu. Tapi, amin, Deto! Semoga mimpimu segera terwujud ya. Pengorbanan Bingo jadi nggak sia-sia.

*elap ingus*

11. Boneka Kelinci yang Menanti Keajaiban di Sudut Etalase – Nikotopia

Ini satu-satunya dark story dalam kumcer ini kayaknya yah. And, my fav!

Saya suka cerita yang melintir di bagian belakang. Kita yang tadinya berpihak pada Nina, pasti deh jadi berbalik mengasihani ibunya. Meski masih kurang puas juga dengan alasan mengapa Nina punya perilaku seperti itu sih. Duh, kentang bo’! 😆

12. Mata Uang – Andhika Rahmadian Purnama

Ah. Speechless kalau baca cerita ini. Membukakan mata banget, bahwa sebenarnya hidup kita ini dikendalikan oleh uang, dan bukanlah sebaliknya.

*sigh*

13. Jalan yang Salah Mencintaimu Tapi Tak Menyesal Menunggumu – Faisal Syahreza

Nah, yang terakhir ini tetap unik. Kisah seorang gadis Risala yang dicintai jalanan. Yang satu ini juga punya twist di akhir cerita. Ditunggu ya 😉

See? Unik banget ya, ke-13 cerita pendek yang terkumpul dalam buku Seribu Tahun Mencintaimu ini.

Saya akui, nggak mudah lho, membuat cerita dari sudut pandang bukan manusia seperti cerita-cerita di sini. Kita mesti pintar dan cerdas menyampaikan pesan seakan-akan yang bukan manusia ini selayaknya berperilaku seperti manusia, tapi juga jangan terlalu manusiawi. Karena terlalu manusiawi ya jadinya nggak masuk logika aja gitu.

If you know what I mean.

Dan, gimana dengan cerita-cerita di sini? Sebagian memang sukses bercerita dari sudut pandang bukan manusia, tapi sebagian lagi juga kok masih terlalu manusiawi.

Tapi memang unik banget sih, konsepnya. Kamu akan lebih merasakan lagi keunikannya setelah beneran membaca buku ini.

Ngomong-ngomong soal membaca buku Seribu Tahun Mencintaimu, saya punya 2 buku kumcer ini yang gratis bisa kamu dapetin. Hohoho. Mau?

Kalau mau, ikutan giveaway-nya yang super gampang ini deh.

Giveaway Seribu Tahun Mencintaimu

GA 1000 tahun mencintaimu

Ketentuan:

  1. Like Fanpage Facebook Penerbit Exchange
  2. Follow akun Instagram Seribu Tahun Mencintaimu (@seributahunmencintaimu) dan IG @r3dcarra. Kalau nggak punya IG, boleh di-skip.
  3. Share giveaway ini di akun media sosial kamu, boleh Facebook, Twitter atau IG. Pilih salah satu, atau mau di semua akun medsos boleh juga :mrgreen: Mention/tag minimal 2 teman untuk ikutan GA ini.
    Nggak usah mention saya nggak apa-apa, yang penting nanti setorkan link share kamu di jawaban giveaway ini. Jangan lupa diset publik ya, biar saya bisa cek.
  4. Jawab pertanyaan berikut:

    Apa sih arti cinta untukmu?

    Ciyeeee … dalem nih. Hahaha.

  5. Tulis jawaban di kolom komen dengan format:
    Nama:
    Akun Twitter/IG/Facebook: (sesuai dengan share GA-nya)
    Link share GA:
    Jawaban:
  6. Jawaban kamu ditunggu sampai tanggal 23 April 2017, pukul 23.59 waktu Indonesia bagian Carra.

Nah, gampang yes?

Pokoknya, ini buku recommended buat kamu yang suka cerita-cerita cinta apalagi yang suka cerita-cerita cinta yang unik. Must read and must have! 🙂

Saya tunggu jawaban kamu ya!

 

==== UPDATE ===

Setelah membaca satu per satu jawaban para peserta, maka saya pun jatuh cinta pada jawaban kedua peserta ini.

Maka, selamat, kamulah pemenang Giveaway Seribu Tahun Mencintaimu di blog Carra Library!

  1. womomfey
  2. Egi Sasmita

Selamat sekali lagi!

Silakan kirimkan/DM data diri kamu: nama, alamat + kodepos, dan no HP yang masih berlaku untuk pengiriman hadiah buku Seribu Tahun Mencintaimu!

Yang belum beruntung, masih bisa ikutan Giveaway di blog lainnya lho! Cek aja banner di atas ya!

Cheers!

 

30 Comments Add yours

  1. Elsita F. Mokodompit says:

    Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95

    Menurut saya, cinta adalah anugerah Tuhan yang diciptakan, dititipkan Tuhan pada semua makhluknya sehingga kita semua yang ada di muka bumi ini bisa saling mengasihi dan tidak saling membenci. Cinta itu sifatnya universal kan, nggak hanya berbatas pada perasaan dua orang yang saling bertautan. Oleh karenanya hadirnya cinta adalah hal yang membuat kita bisa terus ‘hidup’ dan berdampingan hingga hari ini.

    Like

  2. Nama: Anisa Andayani
    Akun Twitter/IG/Facebook: @kireyhikari ( twitter & IG )/ https://www.facebook.com/shazz.phoenix
    Link share GA: https://www.facebook.com/shazz.phoenix/posts/10209256211221595
    Jawaban: Menurut saya, cinta adalah kasih sayang. Hanya se-simple itu definisi cinta untuk saya.

    Like

  3. lovelyristin says:

    Ristin Lia
    Fb : Ristin Lia
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10209043906916824&id=1292325030&_rdr
    Cinta menurut saya : murni yg tumbuh dari hati, semua makhlukNya memiliki cinta, cinta tidak melihat pamrih, tulus dari hati, karena cinta sejujurnya dilakukan karena ingin mendapatkan cinta dariNya.

    Like

  4. Nama : Mifta Rizky W
    Akun Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/853845519273033728

    Cinta itu kondisi dimana kamu bisa melihat sisi terburuk dari seseorang, namun kamu masih tetap mencintainya dengan sepenuh hati.

    Like

  5. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/853881060047835136

    Banyak sebenarnya makna cinta. Bahkan gak cukup jika hanya digambarkan lewat kata-kata. Dan masing-masing dari kita memiliki persepsi berbeda dalam memaknai cinta. Karena yaa cinta itu relatif. Bergantung pada pemilik cinta itu sendiri.

    Secara pribadi bagiku makna cinta itu keikhlasan berkorban. Namun juga gak diluar batas kewajaran. Sepanjang masih bisa diterima akal pikiran, maka itu masih bisa dikatakan cinta. Karena sejatinya cinta itu gak semata soal perasaan, nalar juga dibutuhkan untuk menjadikannya gak salah berperan. Sebab, cinta itu pada hakikatnya mengajarkan hati dan pikiran untuk lebih peka memilah antara nafsu dan ketulusan. Bukan sekedar mengutamakan perasaan, alih-alih berkorban sepenuh jiwa raga dengan mengatasnamakan cinta. Padahal cinta juga butuh logika, gak sebuta yang seringkali digambarkan pujangga.

    Terima kasih.

    Like

  6. Erin says:

    Erin
    Twitter : @RiienJ
    Link Share : https://twitter.com/RiienJ/status/853901745692475392

    Apa sih arti cinta untukmu?

    bagi aku ada tiga kita untuk arti cinta itu Kebahagiaan, Penderitaan dan Perjuangan.
    Cinta itu sejatinya membawa kebahagiaan bagi siapapun yang merasakannya, sayangnya dibalik itu semua akan ada selalu kesedihan entah itu yang akan membawa penderitaan sesaat atau selamanya yang bikin susah move on. Tapi, dibalik itu semua bagi aku apa pun yang terjadi cinta itu meski di perjuangkan hingga kita benar-benar mendapatkannya atau mengikhlaskan untuk merelakannya pergi.

    Like

  7. Bety Kusumawardhani says:

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun Twitter: @bety_19930114
    Link share GA: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/853906978409652225?p=v

    Jawaban: Cinta itu giving, forgiving and free.
    Giving artinya ikhlas, hanya memberi tak harap kembali. Tetap terus memberikan kasih sayang dan perhatian meskipun tanpa balasan dalam bentuk apapun dari orang yg dicintai.
    Forgiving artinya memafkan apapun keburukan masa lalu orang yg dicintai dan menerima segala kekurangannya.
    Free adalah bebas.. Cinta dgn seenaknya bebas datang dan pergi dimanapun, kapanpun dan pada siapapun sehingga manusia tidak bisa memilih. Cinta juga bebas untuk menetap sementara atau selamanya di hati seseorang.

    Like

  8. Utami says:

    Nama : Utami
    IG : @zellmhyzz
    Link Share : http://instagram.com/p/BS–6NuBEuj/
    Jawaban :

    Cinta.. Satu kata yang sangat familiar. Setiap orang pasti pernah merasakan cinta. Tapi tak semua orang mampu mendefinisikan arti cinta. Cinta itu sesuatu yang abstrak. Sesuatu yang tak kasat mata. Seperti halnya udara, cinta tak dapat dilihat ataupun diraba. Namun kita dapat merasakannya.

    Buat aku cinta itu pencipta warna. Seperti spektrum diantara hitam dan putih yang menghasilkan warna pelangi. Cinta itu pencipta cahaya. Seperti suluh dalam temaram malam. Cinta itu penyempurna rasa, penggenap jiwa. Dan pada hakekatnya cinta tercipta untuk membahagiakan. Karena cinta adalah anugerah, yang melahirkan jiwa-jiwa penuh kasih sayang.

    Like

  9. Nama: Bety Sulistyorini
    Twitter: @sulistyorinib
    Link share: https://mobile.twitter.com/sulistyorinib/status/853959125989941249

    Fb: Bety Sulistyorini Kristianto
    Link share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10209014224773351&id=1249182284

    Jawaban: cinta adalah kekuatan yang mampu membuatmu merasakan bahagia dan sedih yang begitu kencang dalam sekali hentak. Bahagia saat memilikinya, sekaligus tersayat ketika tak lagi bisa menyentuh orang yang kamu cintai. Membiarkan menjauh, hanyalah kamuflase sesaat yang takkan pernah terganti dengan apapun, bahkan waktu.

    Like

  10. Marfa U says:

    Nama: Marfa
    Twitter: @umimarfa
    Link: https://twitter.com/umimarfa/status/853973739268067328
    Jawaban: Cinta adalah kudus yang membangunmu menjadi lebih baik, dalam bentuk apa saja.

    Like

  11. Shasmiiy says:

    Nama : Egi sasmita
    Akun share Instagram : @Egiisas07_
    Link share GA : https://www.instagram.com/p/BS_bwDujnEC/

    jawabannya :

    Menurutku Cinta itu adalah sesuatu yang murni, tulus dan suci yang timbul tanpa adanya paksaan, yang datang tanpa di duga.

    Cinta itu tentang memperjuangkan dan di perjuangkan, tentang memberi tampa mengharapkan balasan, cinta itu tentang cara mengasihi bukan mengasihani, cinta itu tentang cara meng-ikhlaskan perasaan, dan tentang arti sebuah ketulusan.

    dan menurutku cinta umumnya kayak permen nano-nano, sedih, senang, kecewa, bahkan patah hati bercampur jadi satu. cinta bagai paket rasa-rasa yang sekali mencoba akan ikut merasakan rasa lainnya. siap untuk jadi cinta berarti siap untuk merasakan kecewa.

    Like

  12. bookishbrown says:

    Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/854131389347774464

    Menurutku cinta itu adalah sebuah perasaan yang ada dalam diri seseorang yang muncul tanpa ada penyebab yang jelas dan kehadirannya tidak menuntut. karena cinta hadir bukan hanya untuk alasan yg akan menyebabkan ketidak puasan dan menuntut. Dan cinta itu seďerhana. Belajar menerima, belajar menjadi lebih baik. Banyak hal yang dapat dipelajari dari cinta. Betapa hebatnya cinta sampai dia bisa menjadi racun sekaligus penyembuh.

    Liked by 1 person

  13. Nama: Yossi Yaumil rachman

    Akun twitter: @yaumilrachman

    Link: https://twitter.com/YaumilRachman/status/854169315414687746

    Jawaban:
    Cinta menurut saya adalah.

    K E B U T U H A N

    Tapi bukan berarti seperti hubungan simbiosis mutualisme antar pedagang tahu bulat yang digoreng dadakan limaratusan dengan konsumennya.

    Yups! nggak sesimple itu.

    Tentunya dengan level yang lebih rumit dan khas serta membawa dampak tertentu bagi yang merasakan Seperti kebahagiaan, merasa berarti dsb.

    Semisal, aku cinta keluarga karena aku butuh support dari mereka dan kasih sayang.

    Aku cinta dengan pekerjaanku, karena aku butuh pekerjaanku demi menunjang finansial dan karier tentunya.

    Aku cinta menulis, karena aku butuh yang namanya aktualisasi diri dalam hidup.

    Aku cinta agamaku, karena aku butuh ketenangan rohani.

    Dan aku cinta dia karena aku butuh dia untuk melengkapi hidupku yang kurang ini.. Uhuk!

    Tentunya dengan asas take and give, bukan berdasarkan ego semata.

    Liked by 1 person

  14. Damar Aisyah says:

    Nama: Damar Aisyah
    Fb : Damar Nur Aisyah
    Twitter: @DamarAisyah
    Ig:@aisydamara
    Link :

    View this post on Instagram

    Hello, giveaway lagi nih @rizkikarunianti , @irdaryolita . Kali ini dari @r3dcarra Link-nya di sini https://carralibrary.wordpress.com/2017/04/17/seribu-tahun-mencintaimu-blogtour-giveaway/ Jangan sampai ketinggalan. 🙂 #Repost from @r3dcarra with @regram.app … “Bukalah matamu, wahai mata biru yang bernafsu. Ingatkah kau siapa diri kita sebenarnya? Ingatkah kau pada bara api di kedalaman diri? Bara yang sanggup membakar apa saja. Rasakanlah dengan jiwamu, wahai mata biru yang bernafsu. Rasakanlah cintaku, yang seribu tahun mencintaimu.” . . . Ada #giveaway #buku kumpulan #cerpen di #blog bukuku loh! Kamu hanya perlu share giveawaynya, jawab pertanyaannya, dan tinggalkan identitas aja. Gampang! . Link ada di bio yes? Buku ini recommended, karena cerita-cerita di dalamnya sangat unik. You must read it! . . #bookaddict #bookstagram #books #books #book #booklover #bookblog #bookworm #bookquiz #quiz #instabook #bookish #kuisbuku #kuis #love #roman #romance

    A post shared by Damar Aisyah (@aisydamara) on

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10212705467496043&id=1367125668

    Menurutku, Cinta adalah bentuk pengabdian. Bukan hanya mengabdi pada apa yang dicinta tapi pada seluruh rasa yang hadir karena cinta.

    Like

  15. Devira belin says:

    Nama: devira belin
    Twitter/ig: @virscnd
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/854601403720912896
    Jawaban:
    Arti cinta buat aku, adalah motivasi tersendiri untuk melakukan sesuatu. Karena cinta kita rela melakukan apapun bukan? Dan bahkan kita bisa menjadi lebih baik karena adanya cinta dari seseorang. Tapi disisi lain, cinta juga bisa melemahkan kita. Karena jika kita terlalu mencintai seseorang, apapun yg dilakukan orang tersebut akan terlihat baik dimata kita, kata orang si cinta itu buta wkwk. Jadi menurutku, cinta itu penuh dengan misteri. Kadang menguatkan, kadang jg melemahkan 🙂

    Like

  16. Cahya says:

    Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Link share:

    Cinta adalah sumber kebahagiaan hidup seseorang, baik itu menerima atau memberi cinta. Karena segala yang dibutuhkan bagi manusia untuk kebahagiaan yang HQQ adalah rasa cinta dan kasih sayang itu. Sekali pun hidup dengan gelimang harta atau pun bertahan hidup sampai ribuan tahun, tapi kalau tidak merasakan cinta dari siapa pun (sahabat, keluarga, orangtua) rasanya percuma.

    Like

  17. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/854608454828384256

    Apa sih arti cinta untukmu?
    Jawab: Arti cinta? Buatku cinta itu abstrak. Cinta itu sesuatu yang tidak bisa dijabarkan tapi bisa dirasakan. Cinta itu awal segalanya. Karena menurutku apapun yang berawal dari cinta yang tulus dari dalam hati, akan berakhir dengan baik walaupun tidak berujung bahagia. ^^

    Like

  18. womomfey says:

    Nama: Kitty
    Akun Twitter/IG/Facebook:
    – Twitter/IG: @WoMomFey
    – Facebook: Kitty Tsukino [https://www.facebook.com/kitty.tsukino.5]
    Link share GA:
    – Twitter: https://twitter.com/WoMomFey/status/854797405023199232
    – IG: https://www.instagram.com/p/BTFK6Jgh6VH/
    – Facebook: https://www.facebook.com/kitty.tsukino.5/posts/10154478734488461

    Jawaban:
    Kurasa cinta itu sebenarnya sesederhana konsep memberi tanpa pamrih (alias tanpa mengharapkan imbalan). Namun sering kali kita, manusia suka njelimet sendiri dalam mengungkapkan perasaan cinta ini. Berkaca dari review buku kumcer Seribu Tahun Mencintaimu ini, cinta itu bahasa universal yang bisa dimengerti dan dipahami oleh semua makhluk. Coba lihat, karena cintanya pada bumi, langit kerap meneteskan air matanya untuk menyejukkan kegersangan tanah di bumi. Karena cintanya pada sang ratu dan koloninya, ribuan hingga jutaan semut rela bersusah-payah bekerja keras mengumpulkan makanan sebanyak mungkin demi memberi makan sang ratu (yang kerjamnya hanya leyeh-leyeh dan melahirkan bayi-bayi semut) berikut seluruh koloninya. Karena cintanya pada lebah, sang bunga mengijinkannya menghisap sari-sari terbaiknya untuk dibawa pulang dan diolah menjadi manisnya madu. Dan masih banyak lagi kisah cinta lainnya yang terjadi dengan begitu indahnya.

    Cinta yang seharusnya murni dan manis ternyata bisa juga berubah menjadi pahit ketika ada banyak kepentingan dicampur ke dalamnya. Cinta juga kerap disalahgunakan sebagai kedok semata untuk mencapai keinginan yang bahkan seringkali tidak sejalan dengan keindahan cinta itu sendiri. Misalnya saja, demi bisa hidup nyaman dan tampil glamor, seorang gadis rela berkedok cinta untuk menjerat pria super kaya yang mungkin kala itu benar-benar jatuh hati pada si gadis. Cinta akan uang dan harta juga kerap kali membawa petaka dan kejatuhan bagi banyak orang yang silau oleh kilaunya materi.

    Bagiku, cinta itu sesederhana menunggu suamiku pulang kerja sekalipun aku sudah sangat lelah dan letih seharian. Cinta membuatku tetap mau menemani anak-anakku bermain sepulang kerja, sekalipun badan ini rasanya sudah begitu remuk. Cinta jugalah yang membuatku rela menyisikan waktu tidurku untuk aku bisa membaca buku saat dini hari, atau sekedar mengisi blog sebagai hobi yang sangat kusukai.

    Liked by 1 person

  19. Irdaryolita Kusumaningtyas says:

    Nama: irdaryolita

    Akun Twitter/IG/Facebook:
    Instagram : @irdaryolita
    Facebook : irdaryolita kusumaningtyas

    Link share GA:https://www.instagram.com/p/BTFWi6qDN3-E-guKRwNA0Nxmlj-ZDoJT9yo-VE0/

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10154690563408990&substory_index=2&id=689748989

    Jawaban:
    Cinta itu
    Setetes Embun di sahara
    Pelangi setelah datangnya hujan
    Seutas senyum dalam prahara

    Dan Cinta itu…
    Ketika memberi tak berharap menerima

    Cinta itu universal
    Cinta itu sakral
    Cinta itu Tuhan YME, karena Dialah Sang Maha Pecinta sejati
    Mari mencinta untuk alam semesta
    Mari mencinta untuk keseimbangan jiwa

    L O V E has no labels

    “Puisi cintaku, penggambaran diriku atas makna cinta”

    Like

  20. riska budiarti says:

    nama : Riska budiarti
    twitter : @riskabudiarti3
    link share : https://twitter.com/RiskaBudiarti3/status/855194124596555776

    Apa sih arti cinta untukmu?

    cinta itu bagaikan kertas putih yang masih bersih. belum ada secarik noda pun tanpa penghuni. saat menemukan sebuah kebebasan, cinta akan berkelana. mengelilingi dunia dan menyebarkan kasih dan sayang.hidup tanpa cinta memang cukup sulit. jarang ada kebahagiaan yang terajut tanpa cinta. dalam kehidupan dan bernegara, cinta pasti ikut andil dalam penentuan pemimpin. cinta juga akan terus mengalir melalui darah yang berada pada tubuh kita. oleh sebab itu, cinta adalah pedoman kebahagiaan.

    Like

  21. irmansyah says:

    Nama: irmansyah

    Akun Facebook:
    Facebook : irrmansyah.hpai

    Link GA :https://www.facebook.com/irmansyah.hpai?hc_ref=NEWSFEED&fref=nf

    Jawaban : Cinta adalah rasa terindah yang dihadiahkan Tuhan untuk manusia. rasa itulah yang menjadikan dunia menjadi harmoni serta terlihat seribu kali lebih indah bagi seseorang yang sedang merasakan cinta.

    Like

  22. Rohaenah says:

    Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/855431889355546624
    Jawaban: cinta itu sesuatu yang dapat dirasakan tapi tak dapat dipegang wujudnya. Kayak angin, sekencang apapun hembusannya tetap tak bisa dilihat tapi efeknya dahsyat. Berkaca pada buku ini ternyata pandangan cinta lebih luas dibanding apa yang selama ini aku pikir. Yang melulu tentang pria dan wanita yang bertemu, jatuh cinta lalu happily ever after. Ternyata banyak wujud lain untuk cinta bahkan untuk binatang atau benda mati. Semua bisa terkena rasa ini. Inti yang paling dirasa adalah rasa cinta tak lekang oleh waktu. Dan bagaimana rasa ini tumbuh dalam jiwa dan merajai hati.

    Like

  23. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/855612434886688769
    Jawaban :Cinta itu adalah candu yang membuat semua orang merasa harus merasakannya dan berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Namun kadang kita terlalu meng-hambakan cinta, sehingga ada istilah mabuk cinta. Memang benar jika ada yang bilang ‘cinta itu buta’. Karena pada prakteknya, ketika kita cinta pada seseorang, kita tidak peduli bagaimana buruknya dia, atau apa kekurangannya, karena kita hanya fokus pada kelebihannya. Tapi yang terpenting, cinta itu tak terbatas, bukan memberi lantas inginkan balasan. Karena sejatinya cinta itu adalah memberi dengan ikhlas. Seperti Tuhan yang selalu mencintai hambanya setiap waktu tanpa mengharapkan balasan.

    Like

  24. Rina Fitri says:

    Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/855657034976444416
    Jawaban: Cinta itu pemberian Tuhan. Manusia menguasai cinta seakan-akan itu hak miliknya. Hingga jurang dalam nan gelap pun tetap diterjangnya. Abaikan moral dan peraturan yang ada. Seakan sang pemberi cinta, tak berhak ada di dalam kisahnya.

    Like

  25. nunaalia says:

    Nama: Aulia
    Akun Twitter: @nunaalia
    Link share GA: https://twitter.com/nunaalia/status/855666759692541952

    Apa sih arti cinta untukmu?

    Arti cinta untukku adalah keikhlasan hati kita kepada orang lain untuk menyayanginya dengan tulus, menerimanya dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan berkorban tanpa pamrih untuk membahagiakannya.

    Like

  26. Oka says:

    Nama: Oka
    Akun Twitter: Occa101
    Link share GA: https://twitter.com/occaa101/status/855730979641597952
    Jawaban:
    “Cinta” menurut saya cuma istilah yang mewakili rasa. Rasa yang terkadang lebih besar, lebih agung, bahkan tak terukur untuk hanya sekadar dilabeli, “cinta”. Bahasa memang media untuk berekspresi termasuk mengekspresikan cinta, sayangnya terkadang bahasa pula yang membatasi kita untuk tahu apa itu cinta yang sebenarnya.

    Like

  27. Nama: Ikal Harun
    Akun Twitter : @justikal
    Link share GA: https://twitter.com/justikal/status/855848369863839744
    Jawaban:
    bagi saya cinta adalah sebuah kondisi kita begitu menginginkan seseorang untuk menjadi bagian penting dari hidup kita. ketika kita mengenal cinta kita tak pernah takut untuk tidak dipilih karena memang sejatinya tidak semua cinta bisa dipersatukan. apapun itu kita rela melakukan apa saja agar cinta tetap ada dan mau menatap ke arah kita. bahkan ketika cinta tidak memilih kita maka kita akan belajar tentang ikhlas dan percaya bahwa kebahagiaan cinta adalah kebahagiaan kita juga 🙂

    Like

  28. widyawidia2 says:

    cinta? karena cinta, rasa sayang itu hadIR. tanpa cinta perpecahan, konflik, peperangan, kehancuran pasti akan selalu terjadi di muka bumi ini. Allah swt menghadirkan cinta di setiap makhluknya, cinta adalah sesuatu yang sangat indah yang di rasakan oleh setiap orang. Sama seperti Kita mencintai seseorang Kita selalu ingin berada di dekatnya bahkan Kita selalu cari cara bagaimana untuk mendapatkan perhatiannya agar teralihkan pada Kita. Sama seperti Kita mencintai Allah swt ketika Kita jatuh cinta pada-Nya Kita selalu ingin berada di dekat-Nya sehingga Kita selalu nelaksanakan shalat baik shalat y
    wajib, sunah maupun tahajud Dan membaca al-Qur’an karena dengan begitu Kita merasa kalau Kita selalu berada di dekatnya.

    1) ‘cinta’ selalu membuat Kita ingin berada di dekat orang yang Kita cintai
    Dan melakukan apapun untuk mendapatkan perhatian Dan cintanya.

    mencinta Dan dicintai bukan lah sebuah perbandingn atau pilihan tapi itu adalah sebuah rasa. mereka berjalan secara beriringan tidak pernah terpisahkan karena itu di rasakan oleh satu Dan Dua orang sekligus. mungkin Kita bisa menyuruh hati Kita untuk tidak mencintai dirinya biarlah Dia yang mencintai Kita agar Dia yang mengejar-ngejarmu tapi hati bukan robot, Dia hanya sebuah rasa yang tidak terlihat, tersentuh, tapi hanya dapat dirasa. bisa saja Kita menyuruh hati Kita untuk tidak mencintainya tapi hati tidak selalu mengikuti APA yng Kita inginkan karena Dia selalu berjalan menurut keinginannya sendiri.

    2) ‘cinta’ datangnya kapan saja Dan tidak di tentukan kepada siapa Dia mencintai karena Dia berjalan sendiri.

    dalam rumah tangga walaupun Kita hidup dengan keadaan yang kurang mampu tapi dengan adanya ‘cinta’ akan menimbulkan keikhlasan dalam hati karena meskipun Kaya sekalipun jika tidak ada cinta di dalamnya rasanya akan hanbar dn tidak akan ada kebahagian. karena cinta membuat orang lain menerimanya apa adanya. bukankah ‘cinta’ datang tanpa alasan? kalau Dia mencintai katena sesuatu alasan berarti Dia juga punya alasan untuk ‘meninggalkan’ tanpa cinta juga pasti akan terjadi yang namanya ‘perceraian’ Karena menurut mereka buat apa mempertahankan sebuah hubungan tanpa adanya cinta.

    3) ‘cinta’ tidak memandang apapun Dia selalu ikhlas dalam segala Hal selagi cinta itu masih ada Dan selalu berkembang.

    ‘cinta juga butuh pemahaman bukan hanya sekedar mengatakan ‘I Love You’. karena kurangnya pemahaman itu orang seringkAli Salah mengartikan Kata ‘cinta’ sehingga menimbulkan ‘kenafsuan’ bukan ‘ketulusan’

    4) pahami dulu Kata ‘cinta’ sebelum mengatakannya. karena ketika Salah mengartikannya akan berakibat fatal.

    menurut Aku ‘cinta’ itu adalah anugrah terindah dari allah swt yg suci bagaikan cahaya, murni dari hati, tulus tanpa paksaan, kasih sayang Dan saling peduli. Dan cinta tidak pernah dicampuri keegoisan, kemunafikan dari satu pihak, Dan kenafsuan, cinta benar-benar di rasakan. dan cinta juga bukan hanya bualan tapi nyata. karena apapun yang di berikan allah swt adalah sesuatu yang sangat mulia Dan dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang jatuh cinta.

    nama: Widya widia
    akun fb: widi widia
    link share GA: https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=408010392904798&id=100010875211903&_rdr

    Like

  29. Michelle says:

    Mbak carolina, mau beli buku seribu tahun mencintaimu dong mbak… beli nya di mana ya?. .
    klu mau ikutan soalnya aku ndak punya insta 😀/ tweet hehe . Tapi pengen mbak …

    Like

    1. Sepertinya bakalan beredar di toko buku kok. Ditunggu aja 🙂 Atau mulai bisa ditanyakan.

      Like

Komennya, Kakak ^^