Aster untuk Gayatri (Blogtour & Giveaway)

Judul: Aster untuk Gayatri
Penulis: Irfan Rizky
Editor: Tiara Purnamasari
Layout: Tiara Purnamasari
Desain sampul: @megapuspitap
Tebal: iv + 160 halaman
ISBN: 978-602-6362-35-3
Penerbit: Mazaya Publishing House

Blurb

Telah kularungkan
Kepada Gayatri
Tiap-tiap kesedihan
Jua
Perih-pedih
Masa lampau

Dan telah kuwariskan
Kepada Giran
Cerita-cerita luka
Tentang rindu
Yang
Dipandanginya lama-lama

Pun telah kuhidangkan
Kepada kamu
Seorang
Kisah-kisah tentang
Apa-apa
Yang harusnya
Ada
Dan apa-apa
Yang mestinya
Tiada

Alur Cerita

Adalah Gayatri, seorang dosen. Dan adalah Giran, yang secara sekilas diceritakan adalah seorang mahasiswa, sekaligus librarian.

Giran jatuh cinta pada Gayatri. Dengan selalu mengiriminya buket Aster, Giran berusaha mendekati Gayatri. Bagaimana dengan Gayatri? Iya, Gayatri juga jatuh cinta pada Giran, namun ada sesuatu yang membuatnya menahan langkah untuk makin mencintai Giran.

Salah satunya adalah soal Apak dan Mande (Paman dan Bibi) yang sudah merawatnya sejak Gayatri menjadi yatim piatu. Sang mande sih sayang, sudah seperti ibunya sendiri. Nah, si apak nih, si antagonisnya. Kasar, suka mabuk, suka judi.

Apak Bahar berusaha menjodohkannya dengan seorang pemuda. Apalah yang bisa dipilih oleh seorang pemabuk, selain orang yang busuk juga?

Singkat kata, kelakuan busuk si pemuda, Uda Nila, akhirnya membuat Gayatri benar-benar hancur. Apalagi dengan masa lalu Gayatri yang juga terceritakan pada Giran. Lengkap sudah Gayatri merasa tak pantas dan “kotor” untuk Giran.

Giran sendiri akhirnya berurusan dengan polisi karena berusaha membela Gayatri. Di sini Gayatri kemudian memilih pergi, untuk mencari apaknya yang minggat, dan untuk “menyembuhkan” dirinya sendiri.

Di akhir cerita, terungkap pula masa lalu Giran yang juga ternyata juga merupakan kisah sedih.

 

Review

Well, pertama-tama selamat, Irfan, atas bukunya ya. Sepertinya pas curcol dulu itu buku ini sebenarnya sudah proses berjalan barangkali ya. 😆 Just go for it then. It’s just a start, bro.

Anyway, mari ke buku ini.

Irfan saya kenal di Monday Flashfiction sebagai seorang penulis cerita super pendek yang suka banget bereksperimen. Beberapa kali saya baca flashfiction yang ditulisnya, dan memang, entah itu idenya atau cara nulisnya, selalu saja ada satu dua elemen dalam cerita yang out of the box.

Penulis yang suka bereksperimen itu priceless. Dengan suka bereksperimen begitu, seorang penulis sudah membuktikan diri bahwa dia cukup terbuka dengan perubahan, dan pasti akan bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi. Karena kalau enggak, ya dia bakalan stuck di satu tempat. Bisa dipastikan “hidupnya” sebagai penulis ya akan berhenti dengan segera.

Cuma, suka bereksperimen itu juga berisiko tinggi. Kalau eksperimennya gagal, ya jadi bullyable. Hahaha 😆 Ya, maksudnya gitu deh. You know what I mean-lah. *malas jelasin, ntar panjang, dan nggak jadi-jadi ngereview bukunya*

Irfan juga begitu. Kadang eksperimen flashfiction-nya berhasil dengan baik, kadang juga … nganu. Sorry ya, broh, I’m just trying to be honest nih. Hehehe. *sodorin kolak*

Nah, bagaimana dengan bukunya ini? Buku jelas beda dengan flashfiction. Dan bereksperimen dengan buku, jelas, risikonya lebih tinggi ketimbang flashfiction.

Irfan bereksperimen dengan gaya penulisan dalam buku ini. Diksi yang ditawarkannya tak biasa. Meski ada beberapa diksi “baru”, namun Irfan dengan cerdas mempergunakannya hingga tanpa membuka kamus pun saya bisa meraba artinya apa.

Kedetailannya mengenai perasaan para tokoh juga jempolan. Terutama pada Gayatri. Agak istimewa sih buat saya, karena Irfan yang cowok kayaknya bisa menyelami isi kepala cewek sampai sedetail ini. Rada-rada langka soalnya 😆

However, detailing ini memang bagus, dan harus ada. Namun bukan berarti nggak berisiko juga. Saking Irfan keasyikan berdiksi ria, sampai di titik tertentu jadi agak too much.

Kedetailannya pada perang batin tokoh dan juga konsistensinya menggunakan diksi puitis nampaknya belum seimbang dengan kedetailan pada elemen yang lain. Misalnya, soal setting waktu dan setting tempat.

Saya cuma membayangkan, betapa akan lebih menyenangkannya jika saya bisa sampai memvisualisasikan dalam imajinasi saya, bagaimana perpustakaan tempat Giran kerja, rumah Gayatri dan apak-mandenya, bagaimana juga rupa jalan-jalan yang dilalui oleh Gayatri dan Giran setiap hari, dan seterusnya.

Saya masih merasa blank saja di situ. Nggak bisa ngebayangin sama sekali.

Juga ada beberapa hal yang sepertinya yang disebutkan, namun tiba-tiba lost begitu saja. Seperti misalnya, Giran suka matahari sore jam 5 (kalau nggak salah.). Nah, ini saya kira akan ada alasannya yang nailing. Tapi sepertinya nggak terlalu gimana-gimana. Saya agak kecewa 😆

But overall, jika kamu adalah penggemar puisi, atau kamu penggemar novela, atau penggemar dua-duanya, buku ini jelas akan satisfying buatmu. Ada permainan kata-kata yang indah di dalamnya pun jalinan cerita, yang meskipun nggak baru, tapi karena penyajiannya beda jadi berasa baru juga.

So, kita nggak hanya disuguhi dengan diksi indah, tapi ada roller coaster yang juga ditawarkan di dalamnya.

Great job, Irfan!

 

Giveaway time!

Nah, kalau kamu tertarik sama novela Irfan satu ini dan pengin baca, nih ada 1 buku gratis buat kamu. All you have to do adalah ikutan giveaway-nya ini.

Caranya:

  1. Follow akun media sosial Mazaya Publishing House; Twitter dan/atau Instagram
  2. Follow akun IG @carra.artworks
  3. Share giveaway ini di akun media sosial kamu, boleh Facebook, Twitter atau IG. Pilih salah satu, atau mau di semua akun medsos boleh juga :mrgreen: Mention/tag minimal 2 teman untuk ikutan GA ini, dan sertakan hashtag #AsteruntukGayatri
    Nggak usah mention saya nggak apa-apa, yang penting nanti setorkan link share kamu di jawaban giveaway ini. Jangan lupa diset publik ya, biar saya bisa cek.
  4. Jawab pertanyaan berikut:

    Bunga favoritmu bunga apa, dan apa alasannya?

    Hya, gampang ga usah pake mikir yes?

  5. Tulis jawaban di kolom komen dengan format:
    Nama:
    Link share GA:
    Jawaban:
  6. Jawaban kamu ditunggu sampai tanggal 24 Juni 2017, pukul 23.59 waktu Indonesia bagian Carra.
  7. Pemenang akan diumumkan selambat-lambatnya 2 hari setelah GA ditutup.

Selamat bersenang-senang!

 

=== UPDATE ===

Hai, semua!

Iya, semestinya saya mengumumkan pemenang di 2 hari setelah giveaway ditutup tanggal 24 Juni 2017. Tapi ya gitu deh, maaf ya, saya puasa buka laptop semingguan kemarin. So, baru bisa lihat-lihat sekarang, dan juga mengumumkan pemenangnya.

Selamat untuk:

YantiNurhida, yang sampai dibelain googling untuk liatin arti-arti warna dari mawar 😆

Aku tunggu data diri (nama, alamat lengkap dengan kelurahan, kecamatan dan kodepos, serta no HP yang masih aktif) ke email mommycarra@yahoo.com.

Yang belum beruntung kali ini, stay tuned yak! Karena bakalan ada kuis buku lagi lho. Next ada antologi saya bareng teman-teman gratis buat kamu, yang akan saya kuiskan di Instagram.

So, ayo follow @carra.artworks dulu yuk! 😆

15 Comments Add yours

  1. Annisakih says:

    nama : Annisa Rizki Sakih
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/876305908321501184

    Saya suka bunga kaca piring alias cempiring. Bentuk mahkota bunga yang berwarna putihya indah. Helai kelopaknya lebih kuat dan stabil dibandingkan mawar sekalipun, jadi lebih awet. Yang paling khas adalah wanginya, selalu mengingatkan saya akan halaman rumah Oma saya di kampung.

    Like

  2. Bety Kusumawardhani says:

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Link share GA: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/876684859946655744?p=v
    Jawaban: Bunga favoritku adalah bunga matahari.
    Alasan:
    1. Aku suka ngemil kuaci bunga matahari, jadi ingin punya perkebunan bunga matahari sendiri.
    2. Bunga ini berwarna kuning, kesannya cerah dan ceria.
    3. Filosofi dibalik bunga matahari mirip dengan sifatku yaitu patuh dan setia. Bunga matahari selalu patuh mengikuti arah sinar matahari.
    4. Dia merupakan tumbuhan bunga pertama yg berhasil aku tanam hingga berbunga.

    Like

  3. mariatulrahmi says:

    nama: Mariatul Rahmi
    link share: mobile.twitter.com/mrtlrhmi_/status/876696960597540864?p=v
    jawaban: Bunga favoritku adalah Dandelion, entah kenapa sejak mendengar namanya ku mulai menyukainya dia tidak seperti bunga-bunga lain yang harum dan dapat ditanam dihalaman rumah atau pot bunga, dia bunga yang istimewa yang tumbuh dimana saja, tumbuh disekitar ilalang yang jauh dari keramaian orang menyembunyikan keindahan yg begitu cantik, bunga itu seperti kapas, kecil dan seerhana dapat tumbuh dimana saja tergantung angin membawa menyebarkan benihnya, terlihat rapuh tapi dia sangat kuat dan indah. Filosofi yg aku suka adalah “tujuan hidupnya hanya satu, setelah terbang melintasi jagad raya, meniti kehidupan yg penuh kesulitan, suatu hari nanti, sejauh apapun dia akan kembali, dia akan kembali lagi ketempat dimana dia berasal.”

    Like

  4. devira belin says:

    nama: devira belin
    link share:https://twitter.com/Virscnd/status/876704565772419072
    jawaban:
    bunga favoritku adalah daisy
    karena aku tertarik, takjub, terpesona terhadap bunga cantik satu ini. bunga yg memiliki arti polos, kesucian, keteguhan, bahagian, kesederhanaan, kesetiaan cinta. artinya saja sangat mengagumkan membuat Semakin terpesona dan semakin ingin pula mendapati bunga Daisy dan tentunya bisa berkunjung ke Taman Bunga Daisy.

    Like

  5. @HamdatunNupus says:

    Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Akun IG : @hamdatunnupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/876731876710400000

    Aku nggak terlalu suka bunga-bunga yang biasa terpajang di toko bunga, atau mungkin persisnya gak ada bunga yang ngebuat aku begitu sangat tertarik dalam artian khusus. Hingga suatu hari tiap kali pergi ke sabana di beberapa gunung yang ada di Indonesia (aku suka hiking), aku menemukan satu bunga (yang belakangan baru kuketahui bernama dandelion) yang kerap memenuhi seluruh pakaianku ketika berjalan. Bunga unik berwarna putih ini sangat rapuh hanya dengan sekali tiupan, kuntum2nya langsung berterbangan kesegala arah dan aku langsung jatuh cinta :).
    Konon tiap bibit kuntum dandelion yang terbang dan jatuh ke tanah lain, di tanah itulah tunas bunga dandelion akan kembali tumbuh. Dan bunga ini bisa tumbuh di kondisi tanah kering maupun lembab, di pagar rumah bahkan di genting yang melapuk. Seperti bunga dandelion aku juga ingin bisa tumbuh berkembang dimanapun dengan mudah, tak ada rasa takut & khawatir karena dengan sangat mudah beradaptasi 🙂

    Like

  6. Elsita F. Mokodompit says:

    Elsita F. Mokodompit
    Link https://twitter.com/sitasiska95/status/876745147270144000

    Aku suka bunga Krisan. Alasannya…. Nggak ada. Cuma memang suka. Boleh kan suka tanpa alasan? 😂
    Walau orang Korea bilang itu lambang kesedihan, aku tetap suka. Nggak peduli makna atau filosofi apa di balik bunganya. Nggak pusing warnanya apa, aku memang suka aja bunga itu

    Like

  7. YantiNurhida says:

    Nama: Nurhidayanti
    Twitter : @CallMe_Yanti
    Link share GA:https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/876807981366525955

    Jawaban: Bunga favoritku adalah bunga mawar, karena wanginya yang memikat dan tampilannya yang cantik, batangnya juga berduri jadi orang harus mengambilnya dengan hati-hati, mawar juga punya warna-warna yang sangat beragam dan indah dan sejuk untuk dipandang seperti warna merah tua, merah muda, putih, orange, hitam, hijau, ungu, kuning, dan setiap warna memiliki arti yang berbeda-beda. Arti yang dimiliki oleh setiap warna bunga mawar menurut hasil aku googling, adalah :

    1. Mawar Merah

    Warna merah pada bunga mawar ini menunjukan cinta, rasa hormat, keindahan, romantisme, dan juga bahkan bisa digunakan untuk melambangkan pujian kepada orang yang kita cintai. Namun jika diartikan sebagai warna pada bunga, warna merah ini pastinya melambangkan rasa sayang dan cinta kasih yang sangat besar.

    2. Mawar Putih

    Bunga mawar putih ini melambangkan rasa cinta yang sejati, kemurnian hati, kesucian, dan juga keanggunan. Jika bunga ini diberkan kepada kekasih kita, maka ia akan semakin yakin bahwa kita sangat mencintai dan menyayangi dirinya. Mawar ini juga cocok untuk diberikan pada sahabat kita sebab warna putih melambangkan persahabatan yang sejati.

    3. Mawar Merah Muda

    Bunga ini melambangkan penghormatan, kebahagiaan, kelembutan, dan pastinya juga pujian kepada orang yang kita tuju. Jika warna pinknya lebih muda bisa kita artikan sebagai sebuah ungkapan kekaguman, sementara itu untuk warna pink yang lebih tua dapat kita artikan sebagai rasa terima kasih kepada orang yang dituju.

    4. Mawar Kuning

    Bunga ini melambangkan rasa persahabatan yang tinggi, keceriaan, kekeluargaan, serta kegembiraan. Bunga ini cocok diberikan pada orang yang senantiasa bersama kita, baik teman, saudara maupun keluarga kita.

    5. Mawar Orange

    Bunga ini memiliki arti semangat seseorang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa pemberi bunga mawar orange ini ingin mengenal penerima bunga ini secara lebih jauh.

    6.Mawar Biru

    Warna biru pada bunga mawar ini merupakan keindahan yang unik. Selain itu, warna biru ini memiliki arti kesempurnaan dari suatu pesona atau dapat diartikan kekaguman. Bunga mawar biru ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan perasaan akan cinta pada pandangan pertama.

    7.Mawar Hitam

    Arti warna hitam adalah kematian dan berkabung, dan ini adalah alasan mengapa hal ini termasuk dalam prosesi pemakaman untuk berarti hilangnya orang yang dicintai atau teman. Dalam kasus ini, mawar hitam adalah simbol kesedihan dan perpisahan. Namun, ini bukan satu-satunya makna yang melekat pada bunga unik ini. Mawar hitam dapat digunakan untuk berarti beberapa hal yang berbeda, dan banyak menekankan bahwa, mawar hitam juga bisa berarti keanggunan, kecanggihan, awal baru dan kelahiran kembali. Jadi dapat disimpulkan bahwa makna mawar hitam dapat berbeda secara signifikan tergantung pada persepsi manusia.

    8.Mawar Hijau

    Arti bunga mawar hijau ini adalah keharmonisan, kesuburan, dan kesejahteraan. Warna ini juga merupakan sebuah indikasi dari perdamaian serta ketenangan. Selain itu, bunga mawar hijau ini juga dapat diartikan sebagai sebuah harapan untuk membuat kehidupan yang baru nanti lebih sejahtera ataupun harapan untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik lagi.

    9. Mawar Ungu

    Warna ungu memiliki arti kesetiaan. Nuansa mawar ungu juga menunjukan suasana keagungan dan kemegahan.

    10.Mawar Peach

    Bunga mawar peach diartikan sebagai sebuah lambang untuk mengutarakan perasaan pertemanan kita pada kawan ataupun teman kita. Hal ini dikarenakan bahwa warna peach ini adalah sebuah warna yang melambangkan sebuah kehangatan ikatan yang terjalin.

    Like

  8. Marfa U says:

    Nama: Marfa
    Link: https://twitter.com/umimarfa/status/876913156538245121
    Jawaban: Kembang sepatu! Sederhana aja, bunga ini mengingatkan saya pada masa kecil, suka buat mainan buat jenger2an ayam atau pemanis bucket2an bunga dari daun jati diiket, ditambah daun-daun dan bunga sepatu. Terus, bunga ini selalu mengingatkan pada ibu saya, dulu waktu kecil saat saya menemani ibu menyapu di halaman, saya menangis nggak tau kenapa, lalu dikasihnya bunga sepatu. Entah karena terlalu sayang sama bunga yang lain atau terlalu unik, tapi kocak kalo diinget-inget 😀

    Like

  9. Melati Setiyaning Prakerti says:

    Nama : Melati Setiyaning Prakerti
    Link share : https://mobile.twitter.com/melatist/status/877020108782133251?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9938175733

    Bunga Edelweis, si Bunga Abadi.

    yang aku suka dari Bunga ini adalah populasinya yang sangat sedikit dan hanya tumbuh di daerah pegunungan. Bunga ini perlu di lestarikan walaupun jika ditanam di daerah selain pegunungan akan sulit tumbuh. selain itu bunga Edelweiss sangat cantik,warnanya putih dan bunganya tidak terlalu harum. ciri khas dari bunga ini adalah Setiap bunga yang jatuh ke tanah akan tumbuh menjadi 1 pohon edelweiss yang baru.
    dan gak tau kenapa dari pertama kali mendengar kata edelweis saya sudah sangat tertarik. Memang hingga saat ini saya belum pernah melihat langsung bentuk dari bunga itu, karena letaknya ada di pegunungan sana.
    dan semoga suatu saat aku bisa melihat langsung 🙂

    #AsteruntukGayatri

    Like

  10. anandanftrn says:

    Nama: Ananda Nur Fitriani
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/877304007617765376

    Sebenernya, aku ga terlalu tertarik sama bunga. Tapi kalau ditanya bunga apa yang paling aku suka? Jawabannya Wijayakusuma. Kenapa? Karena bunga itu merupakan bunga favorit ibuku. Kata mitos, siapapun orang yang melihat saat-saat mekarnya, akan mendapat kebahagiaan. Dan ibuku pernah cerita beliau melihat bunga itu mekar dan mendapatkan kebahagiaan (ketemu papa aku😍 bingung ya? Hehe sama). Yasudah, hanya ingin lebih mengapresiasi bunga tersebut (sebagai tanda terima kasih) karena telah memberikan kebahagiaan untuk ibuku ☺

    Like

  11. Nama : Gita Ayu Pratiwi
    Link Share : https://twitter.com/gitiup/status/877798848726315010

    Bunga favorite aku ada 2, dimana wanita lebih menyukai bunga mawar, tulip, dll. Aku malah menyukai kedua bunga ini :

    1. Bunga Dandelion

    Bunga dandelion ini tumbuh di tempat yang ga terduga. Kemana angin ngebawa dia, itulah tempat dia tumbuh. Setelah tumbuh, tiba waktunya untuk mekar, ia merekahkan semua bunganya sehingga orang orang dapat melihat bahwa ia sedang berbunga bunga. Saat masa hidupnya selesai ia pun dapat menerbangkan semua bunganya, terasa begitu indah dan menenangkan. Membawa suasana nyaman bagi semua orang disekitarnya.

    Dandelion mampu bertahan dalam segala cobaan. Walaupun bentuknya tidak seindah mawar merah,mungkin tidak harum seperti bunga melati, Tapi Dandelion dengan tangkai kecilnya yang sederhana. mampu memberikan banyak arti dalam kehidupan ini. Bisa memberikan kehidupan baru. Serta saat dia disandingkan dengan ilalang jalanan yang sangat jarang dapat melihat dan menyadari keberadaannya juga tidak membuat nya sedih, karena ia memang bagian dari itu. Dia tak pernah berhenti berusaha.

    Dandelion sosok kuat meskipun tampak rapuh, tapi memiliki semangat yang hebat dalam mencari kehidupan baru di luar sana. Mampu terbang tinggi, menjelajah luas menentang angin, sampai akhirnya mendarat di tempat baru kemudian tumbuh menjadi jiwa yang baru. Tujuan hidupnya hanya satu. Setelah dia terbang melintasi jagad raya, meniti kehidupan yang penuh kesulitan, suatu hari nanti, sejauh apapun dia telah pergi, dia akan kembali, dia akan kembali lagi ketempat dimana dia berasal.

    Satu pelajaran yang dapat kita ambil adalah.. meskipun kita dipandang sebelah mata oleh orang lain, meski kita terlihat rapuh dan tak sempurna oleh mereka.. kita nggak boleh pesimis, biarlah mereka berkata apapun tentang kita, kita harus tetep semangat dan berusaha untuk menjadi orang yang memberikan banyak arti dalam kehidupan ini… akan ada hal terindah yang diberikan Tuhan dibalik itu semua.

    2. Bunga Baby Breath

    Makna dari bunga baby breath adalah innocent. bunga ini memiliki waktu mekar yang sangat panjang yaitu yang berlangsung dari awal musim panas ke musim gugur awal di kebanyakan daerah. paling baik ditanam berkelompok, dan dari benih ke bunga dalam 8 sampai 12 minggu. bunga ini memiliki dua jenis warna yaitu putih dan pink.

    Baby Breath” merupakan bunga yang melambangkan suatu kemurnian dan kepolosan. Ada dua warna yang menarik yaitu putih dan pink.Ketika aku beranjak meninggalkannya, aku teringat sebuah kata dari film Korea yang berjudul “SI ( Puisi ) “, yang mengatakan bahwa seorang yang menyukai puisi, ia akan menyukai bunga.Aku menyukai puisi, aku suka bunga, tapi aku tidak bisa menulis puisi dan merawat bunga. Namun melihat Gypsophila sepertinya kita harus polos apa adanya. Bahwa tak ada sesuatu yang abadi, yang abadi adalah perjalanan ketidak abadian itu menuju Sang Maha Abadi .

    Like

  12. rinafi3 says:

    Nama: Rina Fitri
    Link Share GA:

    Jawaban:
    Bunga kesukaanku adalah bunga violet. Alasannya karena bunga violet adalah bunga kelahiran untuk bulan Februari, yang merupakan bulan kelahiranku. Tidak banyak yang menyadari eksistensi bunga ini, karena memang tingginya yang rendah dan lebih dekat dengan tanah serta warnanya yang tidak semencolok bunga mawar. Tetapi jika kita lebih mendekat, maka kita bisa mencium baunya yang harum. Begitu juga dengan diriku, tidak banyak yang menyadari eksistensiku, karena aku hanyalah orang yang biasa saja dan tidak menonjol. Hanya orang-orang terdekat saja yang benar-benar mengenal siapa dan bagaimana aku. Satu hal yang mengagumkan dari bunga ini, tubuhnya yang pendek memberikan banyak keuntungan baginya. Di saat angin ribut datang menerjang dan menghempas bunga-bunga yang tinggi seperti mawar dan melati, bunga violet tetap bisa bertahan. Tubuhnya yang dekat dengan tanah, membuatnya aman dari amukan langit. Aku berharap bisa seperti bunga violet, yang tetap bertahan di tengah-tengah masalah dan badai kehidupan yang menghadang.

    Like

  13. Veronika septi rahayu says:

    Nama: Veronika Septi Rahayu
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/878388993829642241

    Jawaban:

    Bunga euphorbia adalah bunga favoritku. Bunga ini bukan salah satu bunga yang begitu elok dan bukan juga bunga yang khas dengan wanginya seperti bunga-bunga lain. Sebenarnya aku tidak begitu suka dengan bunga. Tapi karena euphorbia ini lah awal mulanya aku mulai tertarik dengan bunga. Ketika waktu itu…10 tahun yang lalu, ada kelas biologi dan kami siswa kelas XI diajak untuk menanam tanaman bunga yg 1 ini oleh guru kami. Meski tanaman bunga ini penuh dengan duri di seluruh batangnya tapi ternyata ia salah satu tanaman bunga yang tidak begitu ribet untuk dipelihara, warnanya pun bervariasi kuning, merah, oranye itu yang kusukai. Dari situlah aku mulai mengajak ibuku untuk menanam bunga euphorbia di rumah, dan ibuku juga suka 🙂 . Sekarang euphorbia jadi bunga familiar yang sering aku lihat di pot pot bunga ibu di halaman rumah dengan warnanya yang beragam, itu mengapa aku jadi memfavoritkan bunga ini 🙂 .

    Like

  14. womomfey says:

    Nama: Kitty
    Link share GA: https://twitter.com/WoMomFey/status/878601512619917313
    Jawaban:

    Aku paling suka bunga Lily, terutama White Stargazer Lily yang mengungkapkan simpati terdalam. Selain memang dikenal sebagai bunganya para dewa-dewi, Lily sendiri mewakili orang-orang yang lahir di bulan Mei, yang juga adalah bulan kelahiranku 🙂 Itu sebabnya rasanya kok aku sangat berjodoh dengan si Lily ini. Harapanku sih supaya kelak aku pun bisa tetap menjadi orang yang bersimpati pada orang-orang disekitarku, dalam segala kondisi.

    Like

  15. Lynn says:

    Nama: Lynn Melody
    Link share GA: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/878641175564963840
    Jawaban: Bunga favoritku adalah bunga anggrek. Karena bunga anggrek memiliki warna cerah dan pola-pola yang indah, juga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias, dimana tanaman anggrek ini memiliki keindahan yang luar biasa, terutama pada bunganya. Ditambah dengan variasi warna yang beragam. Aku sangat menukainya.

    Like

Komennya, Kakak ^^