Best Collection Hidangan Lezat Nusantara

IMG_4251Judul buku: Best Collection Hidangan Lezat Nusantara
Penyusun: Tim Dapur Esensi
Editor: Milly Indra-Supit, Yuki Anggia Putri
Cover: Yudi Nur Riyadi
Tebal: 470 halaman
ISBN: 978-602-7596-73-3
Penerbit: Esensi (Divisi Erlangga Group)

Blurb

Sejuta rasa lezatnya Hidangan Nusantara adalah warisan nenek moyang yang layak untuk dinikmati dan patut kita jaga kelestariannya. Negeri yang kaya rempah ini juga merupakan surga rasa yang amat patut dibanggakan dari generasi ke generasi.

Cobalah resep-resep yang sangat bervariasi dari camilan hingga hidangan utama dan minuman lezat khas Indonesia. Sajikan untuk keluarga tercinta, untuk acara-acara perhelatan, atau untuk dijadikan ide bisnis kuliner yang kian marak saat ini.

Temukan lebih dari 250 resep dalam Best Collection: Hidangan Lezat Nusantara dan nikmati kelezatannya.

Review

Pada umumnya, buku kumpulan resep masakan itu dipisah-pisahin, antara sayur, lauk dan camilan. Biasanya juga tipis-tipis dengan cetakan full color, sehingga membuat kita harus membeli beberapa kalau mau lengkap.

Tapi, buku kumpulan resep yang satu ini memang super. Semua tumplek blek jadi satu, dan semua merupakan hidangan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Jarang banget saya bisa menemukan buku kumpulan resep masakan selengkap ini.

Ada lebih dari 250 macam resep masakan ada di buku Best Collection Hidangan Lezat Nusantara ini, terbagi dalam 7 bagian, yaitu:

  • Masakan Sayur

Sudah tahu dong, Indonesia kaya banget dengan menu sayurannya. Selain relatif lebih murah, juga dipercaya lebih sehat untuk tubuh. Masing-masing jenis masakan sayur ini juga macam-macam pula cara menikmatinya, ada yang disajikan mentah seperti karedok, ada yang sayurannya direbus dulu kayak gado-gado. Ada yang bisa dinikmati dengan nasi seperti sayur lodeh, ada yang pakai lontong. Resepnya lengkap banget di sini. Saya menemukan satu bahan istimewa di sini. Ya bukannya saya belum pernah tahu, kalau bahan ini bisa dimakan juga sih. Tapi agak jarang resepnya bisa saya temui di mana pun. Bahan itu adalah daun paku atau pakis. Dalam buku ini ada resep sajian Sayur Santang di mana pakis dimasak dengan santan, dan ada juga resep Gulai Daun Pakis. Sumpah, kayaknya enak banget. Saya pengin nyobain juga kapan-kapan. Cuma nggak tahu ya, pakis itu dijual di pasar nggak? Atau hanya tersedia di daerah tertentu ya? Ada yang pernah makan?

  • Sup dan Soto

Pernah ngitung nggak, ada berapa macam jenis soto di Indonesia? πŸ˜† Bisa dibilang, setiap kota punya resep soto khas. Soto betawi, soto kudus, soto lamongan, masing-masing punya cita rasa sendiri-sendiri. Hayo, soto mana lagi deh? Semua ada di buku ini resepnya. Hmmm, kayaknya bisa nih buka warung soto abis nyobain resep sotonya satu-satu. Hahaha. Hmm, dari semua resep soto di buku ini, saya paling surprise sama resep Soto Santan Tasikmalaya, soalnya salah satu bahannya adalah tebu. Hah? Iyaaa, tebu! Tebu dikupas lalu dipotong dadu. Kayak apa, coba, rasanya? 😐

Selain soto, resep sup dari berbagai daerah juga ada di buku ini. Dari sup bebek asam pedas Samarinda sampai ke sup konro. Saya baru sempat praktik sup kacang merah. Resepnya agak berbeda dengan yang saya tahu, jadi kemarin langsung nyobain πŸ˜€ Ini resep supnya kurang satu nih, resep sup Klaten ala Pak Min πŸ˜† Saya pengin tahu banget rahasia sup ayam Klaten ini. Moga-moga kapan-kapan nemu deh.

  • Mi

Ahhhh, ini mah hidangan favorit banget sejak dahulu kala deh. Apa pun makanannya, asal berbahan mi, pasti saya sekeluarga doyan πŸ˜€ Hampir semua mi yang resepnya ditulis dalam buku ini pernah kita coba, kecuali Mi Gomak Medan yang pakai kelapa parut yang disangrai, Mi Lendir Medan (Kok lendir ya namanya πŸ˜† Jadi agak gimanaaa gitu. Tapi liat fotonya sih enak kayaknya) dan Mi Koba Belitung. Kayak Mi Aceh, Kwetiau Pontianak, di sini ada warungnya, jadi udah pernah nyobain. Yang lain juga. Tinggal praktik aja kapan-kapan. Hohoho ~ Eh, ini ada resep Bihun Goreng Sleman ini kayaknya yang di sini dikenal dengan nama mi lethek nih kayaknya.

  • Nasi Goreng

Nasi goreng, mau diapain juga, pasti enak. Tinggal campurannya aja yang beda-beda. Oh, ada yang menarik di sini. Coba saya kutipin yah.

Awalnya nasi goreng muncul dari kebiasaan dalam budaya China yang tidak suka menyantap makanan dingin dan juga tak boleh membuang sisa makanan. Oleh karena itu, nasi yang dingin kemudian digoreng dengan tambahan bahan dan bumbu untuk dihidangkan kembali di meja makan. (hal. 154)

Nah, jadi tahu sejarah nasi goreng. πŸ˜† Selama ini mah cuma makan ya makan aja. Jadi kalau di rumah, menu nasi goreng ini memang jadi alternatif pilihan menu penyelamat. Maksudnya, penyelamat nasi sisa πŸ˜† Nah, resep-resep nasi goreng dalam buku ini cukup memberi ide sih, bahan apa saja yang bisa dicampurkan dalam nasi goreng. Dari mulai cumi hitam sampai telur asin.

  • Sate

Hidangan dari daging? Tentu saja sate! Sate ayam Madura bahkan terkenal dan digemari hingga ke Singapura dan Malaysia. Di buku ini ada resep sate dari seluruh daerah di Indonesia, dengan bahan-bahan yang beragam pula. Dari sate ayam Banjar hingga sate sate bumbu Melaka, bahannya dari ayam hingga cumi. Lengkap pokoknya, tinggal praktik. Kadang di resep-resep tertentu, disertai juga tip-tip masak yang penting. Kayak di resep sate cumi bumbu Melaka, ada sedikit catatan bahwa jangan membakar cumi terlalu lama supaya cuminya nggak keras. Atau tip yang ada di resep sate lilit Bali.

Sebelum digunakan untuk melilitkan adonan sate, pangkal batang serai perlu dilumuri tepung tapioka agar dapat menempel dengan baik. (hal. 237)

  • Lauk

Nah, kumpulan resep lauk ini mengoleksi berbagai lauk dari seluruh penjuru Nusantara banget deh. Kayaknya kalau masing-masing resep di sini kita coba, sama aja kita lagi wisata kulineran ke seluruh Indonesia. Ya gimana enggak. Lengkap bingiiiits! Ada resep lauk khas Padang, Pekalongan, Lombok, Bali, Jogja, Palembang, Pangandaran, Aceh, Tuban … Bahannya, dari mulai ayam, daging, babat, bandeng, bebek, cakalang, cumi, iga, kakap … Ya ampun! Laper.

  • Camilan dan Minuman

Nah, ini nih yang bikin buku ini makin lengkap. Biasanya resep camilan dan minuman nggak jadi satu sama resep lauk atau main course. Tapi di buku ini, semua memang lengkap tersedia dalam sekali duduk. Jadi resep camilan dan minuman lengkap juga tersedia di sini, lengkap pula. Camilan manis, asin, gurih, dari mulai agar-agar, bakpia, bolu kukus, sampai wingko babat ada semua resepnya di sini. Minuman? Dari mulai sekoteng, es teler sampai bandrek. Huah! Sampai klepon dan gethuk lindri pun ada resepnya 😯 Bener-bener tinggal praktik, dan berasa jalan-jalan se-Indonesia nih.

Dengan cetakan full color, dan dilengkapi foto-foto yang cantik dan detail, kita jadi makin semangat buat nyobain praktik resep-resepnya. Lengkap banget.

Buku ini recommended buat semua orang, baik yang lagi mulai belajar masak *kayak saya, karena hidangan-hidangan di sini semuanya gampang dibuat (saya lihat mayoritas langkah-langkah memasaknya tak pernah lebih dari 5 langkah, bahan-bahannya juga jelas termasuk takaran-takarannya.)* hingga yang sudah hobi masak. Tinggal pilih aja.

Mau tahu selengkapnya tentang buku ini, bisa langsung ke sini yah.

Advertisements

Komennya, Kakak ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s